Pemdes Bintang Ninggi I selesaikan pembangunan desa

id pemdes bintang ninggi i,teweh selatan,csr,kades,efri budi,dana desa

Pemdes Bintang Ninggi I selesaikan pembangunan desa

Kepala Desa Bintang Ninggi I Efri Budi menunjukan pembangunan kantor desa. Dimana tahun anggaran 2020 ini bangunan tersebut akan dilanjutkan.ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Desa  Bintang Ninggi I Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara  menyelesaikan beberapa pembangunan baik infrastruktur jalan lingkungan maupun pemberdayaan masyarakat di desa setempat dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019.

Kepala Desa Bintang Ninggi I Efri Budi di kantor desa setempat, Rabu mengatakan tahun anggaran 2019 Pemdes Bintang Ninggi I telah menyelesaikan beberapa pembangunan di desa setempat dengan menggunakan DD tahun lalu, baik itu pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Hasil pembangunan dari DD 2019 pembangunan jalan gang RT 3, pembuatan parit RT 3, pembangunan gudang pupuk di Dusun Bangdep untuk kelompok tani, pembangunan jalan lingkungan cor beton di dusun Bangdep, pembuatan parit irigasi menuju kolam pembudidaya ikan di dusun Bangdep dan pembangunan tangga peranginan di Desa Bintang Ninggi I.

"Untuk pembangunan kantor Desa Bintang Ninggi I seluas 12 x 13 meter saat ini masih belum selesai. Bangunan kantor desa ini di bangun sejak 2018 lalu, 2019 dan pada  2020 ini akan kita lanjutkan, secara bertahap. Dan pada tahun ini akan dilakukan pemasangan atap dan lainnya," kata Budi.

Dia mengatakan, selain menggunakan dana desa 2019 untuk pembangunan desa, pihaknya juga pihaknya menerima bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan PT SMM dan PAMA yang beroperasi di desa setempat.

Dikatakannya, CSR yang diberikan perusahaan untuk Desa Bintang Ninggi I baik itu pembangunan gedung PAUD, posyandu dan buku-buku pendidikan untuk anak-anak SD dan SMP serta bangunan sekolah.

“Dan saat ini, pihak perusahaan juga akan memberikan bantuan bibit ikan nila sebanyak 15 ribu ekor beserta pakan ikan hingga panen. Bantuan ini nantinya diserahkan kepada kelompok pembudidaya ikan Bina Bersama Bintang Ninggi I,” kata Efri Budi.

Mereka (perusahaan) kata Kades Bintang Ninggi I, nantinya bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Barito Utara memberikan penyuluhan dan pengelolaan ikan yang baik sampai bibit ikan tersebut hingga panen.