Ini alasan untuk selalu cuci muka sebelum tidur

id Cuci muka, bersih make up, sebelum tidur

Ini alasan untuk selalu cuci muka sebelum tidur

Ilustrasi penggunaan produk perawatan wajah. (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Mencuci wajah sebelum tidur adalah bagian dari perawatan kulit yang paling sering dilewatkan, biasanya dikarenakan terlalu lelah bekerja seharian atau merasa kulit tidak terlalu terpapar oleh kotoran.

Kebiasaan ini justru akan membawa efek buruk bagi kesehatan kulit mulai dari jerawat hingga kulit kusam. Berikut ini adalah beberapa alasan agar selalu mencuci wajah sebelum tidur menurut Boldsky, Minggu.

1. Membersihkan pori-pori kulit
Sel kulit selalu mengalami regenerasi sehingga menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati. Jika hal ini terjadi maka akan menyumbat pori-pori Anda.

Tak hanya itu, produk riasan wajah yang digunakan sehari-hari meresap ke dalam pori-pori dan jika tidak dibersihkan akan menyumbatnya. Dengan membersihkan wajah di malam hari, dapat menghilangkan semua kotoran dan membuka pori-pori.

2. Mengurangi kemungkinan berjerawat
Pori-pori yang tersumbat dan serangan bakteri adalah dua alasan utama timbulnya jerawat. Membersihkan kulit di malam hari membuka sumbat pori-pori dan menghilangkan semua kotoran dari wajah Anda yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri.

Membiarkan riasan di wajah Anda sepanjang malam juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya seperti komedo dan noda hitam.

Baca juga: Jangan "scrubbing" wajah setiap hari, ini bahayanya

Baca juga: Ini langkah perawatan wajah yang benar untuk remaja


3. Melindungi bulu mata
Semakin lama Anda menggunakan maskara maka bulu mata semakin kaku, rapuh, dan mudah patah. Eyeliner yang kita gunakan juga sangat dekat dengan mata dan mengandung beberapa bahan kimia yang tidak ideal untuk disimpan di dekat mata dalam waktu yang lama. Menjaga riasan mata dapat menyebabkan iritasi dan infeksi mata.

4. Proses peremajaan kulit akan tertunda
Kulit melepaskan sel-sel kulit mati dan memperbaiki dirinya sendiri di malam hari. Itu sebabnya kulit Anda akan terlihat sehat setelah tidur 6-8 jam. Tetapi ketika Anda tidak mencuci muka di malam hari, Anda menghambat proses peremajaan kulit.

5. Melawan kulit kusam
Kulit kita terpapar banyak hal di siang hari, mulai dari kotoran, debu, polusi hingga asap. Hal tersebut akan membuat kulit rentan terhadap kerusakan.

Seiring waktu, kulit pun akan terlihat kusam dan lelah. Oleh karena itu, perlu untuk membersihkan wajah di malam hari untuk melepas semua hal yang tidak diinginkan dan berbahaya bagi wajah agar mendapatkan kulit wajah yang indah dan cerah.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar