Bantuan alkes Covid-19 dari Pemerintah ke RS Katolik diapresiasi JKMC

id Kalimantan Tengah,Kalteng,virus corona,JKMC,Ketua Umum JKMC,Muliawan Margadana

Bantuan alkes Covid-19 dari Pemerintah ke RS Katolik diapresiasi JKMC

Perwakilan Pengelola Rumah Sakit Katolik tergabung di Jaringan Katolik Melawan Covid-19 (JKMC) menerima bantuan Alkes dari Pemerintah Pusat di Jakarta, Jumat (27/3/2020). ANTARA/HO-JKMC

Palangka Raya (ANTARA) - Perwakilan Rumah Sakit Katolik melalui Jaringan Katolik Melawan Covid-19 (JKMC) mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat, yang telah mendukung dan memberikan bantuan alat kesehatan dalam rangka mengendalikan virus corona atau Covid-19.

Apersiasi dan ucapan terimakasih itu disampaikan Ketua Umum JKMC Muliawan Margadana setelah Pemerintah Pusat melalui Kantor Staff Presiden menyerahkan secara simbolis alat kesehatan berupa sejuta masker dan sejuta sarung tangan di Jakarta, Jumat.

"Kami mewakili JKMC yang merupakan jaringan Rumah sakit katolik se-Indonesia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Indonesia karena telah membagikan alkes kepada 16 Rumah Sakit" kata Muliawan melalui rilis yang dikirim ke Palangka Raya, Jumat.

JKMC pun menggarisbawahi bahwa penanganan pandemi virus korona ini bukan hanya tugas pemerintah dan rumah sakit, melainkan semua lapisan masyarakat. Untuk itu, sudah saatnya seluruh elemen di Indonesia melepas perbedaan pandangan politik dan bersatu demi hadapi situasi berat seperti sekarang ini.

"Tetap optimis dan menyakini bahwa kita akan melewati masa-masa sulit dengan kebersamaan" kata Mulyawan.

Sebelumnya, para perwakilan rumah sakit yang menangani Covid-19 menerima bantuan sejuta masker dan sejuta sarung tangan yang diserahkan oleh Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) atas kerja sama dengan PT Arista Latindo di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Ada 3 rumah sakit Katolik yang merupakan bagian dari JKMC yang turut menerima bantuan diantaranya RS Sint Carolus, RS Atmajaya dan RS Elizabeth.

Baca juga: PM Inggris Boris Johnson postif Corona

Kepala Staff Presien Moeldoko mewakili Pemerintah Pusat mengatakan bahwa pihaknya menaruh rasa simpati yang sangat tinggi dan penghargaan rasa hormat kepada seluruh pengelola rumah sakit, karena dengan segala upaya keras bahkan pengorbanan selalu bekerja dengan luar biasa. 

Dia mengatakan bahwa pemberian bantuan tersebut hanya langkah kecil, namun pemerintah akan selalu berupaya memberikan yang terbaik dan terus berupaya bersama dengan semua lapisan masyarakat, termasuk pengelola rumah sakit, untuk bersama-sama mencegah dan meminimalisir penyebaran virus coron.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa membantu. Bantuan yang masuk ke pemerintah akan didistribusikan ke rumah sakit yang membutuhkan," kata Moeldoko.

Sebagai informasi, Jaringan Katolik Melawan Covid 19 (JKMC) merupakan gerakan umat katolik sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Bangsa Indonesia, beranggotakan perguruan tinggi, rumah sakit, perhimpunan profesi dan ormas-ormas Katolik se-Indonesia. JKMC didukung oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan Kantor Staf Presiden (KSP) serta bertujuan membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Baca juga: Tim Gugus jelaskan perbedaan data dengan pusat terkait kasus positif COVID-19 di Kalteng

Baca juga: Ralph Lauren sumbang 10 juta dolar untuk penanganan COVID-19

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar