Bentuk solidaritas hadapi COVID-19, GOW Kapuas bagi sembako

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Kabupaten Kapuas,Kapuas,etua GOW Kabupaten Kapuas,Asmah Nafiah,COVID-19,virus corona

Bentuk solidaritas hadapi COVID-19, GOW Kapuas bagi sembako

Sebelum membagikan sembako dan masker untuk masyarakat, pengurus GOW Kapuas, Kalimantan Tengah, melakukan foto bersama. ANTARA/ HO-GOW Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, membagikan sembako dan masker kepada sejumlah masyarakat sebagai bentuk solidaritas dan gotong royong terhadap bencana non alam, yakni pandemi virus corona atau COVID-19.

"Perempuan harus saling mendukung dan memberdayakan, sehingga dapat menjadi bagian dari solusi melawan pandemi COVID-19," kata Ketua GOW Kabupaten Kapuas Asmah Nafiah Ibnor di Kuala Kapuas. Senin.

Menurut Asmah, kaum perempuan telah menjadi aktor utama dalam mendidik serta mengambil langkah preventif untuk menekan penyebaran virus. Tapi, mereka tidak bisa bergerak sendiri.

"Banyak masyarakat Kabupaten Kapuas yang penghasilannya kurang, bahkan tidak bisa bekerja akibat wabah COVID-19. Untuk itulah kita membantu mereka, paling tidak dapat meringankan beban kehidupan sehari-hari," katanya.

Pembagian sembako dan masker tersebut, diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu dan dibagikan ke setiap rumah. Bertujuan untuk membantu masyarakat mengantisipasi penyebaran COVID-19 saat ini.

"Semoga apa yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak COVID-19 ini," kata Istri dari Wakil Bupati Kapuas itu.

Baca juga: Bupati minta usulan APBD Kapuas dievalusi kembali

Momen aksi sosial yang dilakukan oleh GOW Kabupaten Kapuas ini juga untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April. Bagi-bagi sembako dan masker untuk masyarakat ini, mendapat sambutan baik serta senang dari masyarakat yang menerima.

"Kartini itu mengajak agar perempuan Indonesia bisa mewujudkan apa yang disebut dengan era terang benderang atau era keemasan (golden era), yakni meski ada COVID-19, setiap subyek keluarga diajak tetap semangat atau giat melakukan banyak aktifitas inovatif," ucapnya.

Ditambahkannya, mengajak para kaum perempuan yang ada di daerah setempat, untuk sama-sama mendukung pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini, dengan melakukan gerakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Baca juga: Fraksi Golkar DPRD Kapuas salurkan bantuan untuk petugas penanganan COVID-19

Baca juga: Dinsos Kapuas percepat pendataan warga terdampak COVID-19 penerima bansos

Baca juga: Pedagang dan pembeli di Kapuas diingatkan laksanakan pencegahan COVID-19