Tips awal dapatkan pekerjaan baru saat normal baru

id dapatkan pekerjaan baru saat normal baru,new normal,Tips awal dapatkan pekerjaan baru saat normal baru,cari kerja,lowongan kerja

Tips awal dapatkan pekerjaan baru saat normal baru

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Rekan atau bahkan Anda sendiri harus menganggur karena pandemi COVID-19? Menemukan pekerjaan sekarang ini terasa mustahil, tapi jangan putus asa karena mungkin masih ada perusahaan yang mencari karyawan baru.

Lalu, jika sebuah bisnis berada dalam posisi yang menguntungkan untuk menumbuhkan timnya, bagaimana Anda bisa menonjol dari tumpukan pelamar setinggi satu mil?

Tenang dulu, ambil napas hal pertama yang bisa Anda lakukan. Masih ada peluang kerja di luar sana, kata Kristen Keats, pengusaha, pakar karir, CEO dan pendiri Breakaway Bookkeeping + Advising seperti dilansir Real Simple.

Baca juga: Apakah WFH cocok untuk Anda? Begini cara mengetahuinya

Sebagai pencari kerja, Anda harus membuat para perekrut kagum dengan resume dan surat lamaran Anda. Untuk menarik perhatian perekrut saat ini, penting untuk menyusun strategi resume Anda, pengalaman.

Berikut sejumlah persiapan yang bisa menjadi langkah awal Anda melanjutkan atau memulai karier Anda di tengah pandemi dan memasuki masa normal baru:

Cari tahu perusahaan yang buka lowongan

Daripada tanpa henti mencari lowongan pekerjaan daring, buatlah daftar perusahaan yang Anda impikan untuk bergabung. Anda dapat pergi ke bagian 'karir' mereka dan mencari langsung posisi terbuka yang sesuai dengan pengalaman Anda.

Anda juga bisa mengintip iklan lowongan di media sosial perusahaan. Banyak perusahaan akan mengunggah tentang posisi yang tersedia di platform sosial.

Baca juga: Karyawan Facebook diizinkan WFH selamanya

Intipkan juga jaringan LinkedIn Anda. “Kirim pesan ke rekanan Anda, menanyakan apakah perusahaan mereka mempekerjakan karyawan baru atau tidak," kata Keats.

Jangkau keluarga, teman, dan mantan kolega untuk mencari informasi. Ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi posisi baru yang mungkin tidak Anda ketahui.

Sembari menemukan lowongan pekerjaan, persiapkan juga hal ini:

1. Motivasi diri

Sebagai pencari kerja, Anda harus mengawasi pengumuman lamaran kerja paruh waktu atau lowongan kerja jarak jauh saat ini. Tetapi terlepas dari jenis peran apa yang Anda kejar, Keats mengatakan manajer memperhatikan kandidat yang tampaknya pemula.

Mengapa? Karena tidak ada batas waktu pasti kapan kantor akan dibuka secara resmi, perusahaan harus mendatangkan profesional yang tidak hanya nyaman bekerja dari rumah, tetapi juga unggul dalam praktik.

Baca juga: Survei sebut kaum milenial kesulitan jalani WFH

"Mereka membutuhkan karyawan andal yang tidak perlu berada di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Mereka harus dapat percaya karyawan baru cukup mandiri dan cukup disiplin untuk bekerja dari rumah atau kantor," tutur Keats.

2. Fleksibilitas

Demi kepentingan Anda, yang terbaik menyampaikan bagaimana Anda bereaksi selama krisis, kata praktisi psikologi industri-organisasi dan pakar tempat kerja Amy Cooper Hakim, PhD.

Lebih dari sebelumnya, karyawan yang dapat bekerja di bawah tekanan dan tetap positif akan dihargai perusahaan.

3. Paham teknologi

Pertimbangkan mempelajari dasar-dasar Zoom — dan memastikan Anda memiliki koneksi internet terbaik di rumah. Keats mengatakan Anda tidak perlu tahu setiap alat teknologi, Anda akan menonjol jika Anda terbiasa dan nyaman dengannya.

Baca juga: Pekerja ingin WFH dilanjutkan meski pandemi telah usai

"Menjadi ahli teknologi sangat penting di sini karena orang-orang jauh dan lebih banyak aplikasi dan alat dipindahkan secara online atau ke cloud," kata Hakim.

Kesalahan terakhir umum saat wawancara, dan manajer perekrutan tidak dapat memahami apa yang Anda katakan, menyebabkan mereka kehilangan minat secara instan.

4. Kemampuan berkomunikasi secara efektif

Saat ini, tidak ada yang namanya komunikasi berlebihan. Adanya jarak yang memisahkan banyak eksekutif dari tim mereka, perekrut memperhatikan bagaimana karyawan potensial berbicara, berurusan dengan diskusi virtual, dan bagaimana mereka menyesuaikan diri dengan keadaan yang berubah.

Keats menyarankan, katakan semuanya: hobi dan minat Anda, kualifikasi Anda dengan contoh-contoh spesifik, pengaturan kantor di rumah Anda, dan sebagainya.

Baca juga: Cara mudah tingkatkan produktivitas saat WFH

Baca juga: Suhu AC yang pas agar produktif selama WFH

Baca juga: Hindari sakit punggung selama WFH dengan cara ini