Lulusan Akmil ikuti Prasetya Perwira secara virtual

id akmil,prasetya perwira,virtual,magelang,jokowi

Lulusan Akmil ikuti Prasetya Perwira secara virtual

Para calon perwira remaja lulusan Akademi militer mengikuti Prasetya Perwira secara virtual di Lapangan Satya Marga kompleks Akmil Magelang. (ANTARA/Heru Suyitno)

Magelang (ANTARA) - Para calon perwira remaja lulusan Akademi militer mengikuti Prasetya Perwira secara virtual di Lapangan Satya Marga kompleks Akmil Magelang, Selasa.

Prasetya Perwira dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara Jakarta yang juga diikuti Akademi Angkatan Udara di Yogyakarta, Akademi Angkatan Laut di Surabaya, dan Akademi Kepolisian di Semarang.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman dalam laporannya menyampaikan perwira remaja tahun 2020 Akmil berjumlah 254 orang terdiri atas 234 pria dan 20 wanita.

"Kami segenap civitas akademika Akmil tentunya beserta para orang tua yang hadir di Lapangan Sapta Marga ini menyampaikan salam hangat kepada Presiden, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pelantikan para perwira remaja Angkatan Darat tahun 2020," katanya.

Baca juga: KSAD wisuda 254 taruna Akmil menjadi sarjana pertahanan

Gubernur menyampaikan para perwira remaja ini telah siap untuk mendarma baktikan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia.
 
Sejumlah perwira remaja Akademi Militer melakukan selebrasi saat Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri 2020 secara virtual di Lapangan Sapta Marga, Kompleks Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Selasa (14/7/2020). Upacara Prasetya Perwira secara virtual dilaksanakan di lima tempat berbeda yaitu Akademi Militer di Magelang, Akademi Angkatan Laut di Surabaya, Akademi Angkatan Udara di Yogyakarta, Akademi Kepolisian di Semarang dan di Istana Negara Jakarta dengan Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/wsj.

"Semoga mereka diberi kekuatan, keselamatan, dan kesuksesan dalam melaksanakan tugas untuk bangsa dan negara," katanya.

Usai Gubernur Akmil menyampaikan laporan kepada Presiden Joko Widodo, dilanjutkan selebrasi oleh para perwira remaja TNI Angkatan Darat.

Usai Praspa, Gubernur Akmil menyampaikan Praspa biasanya dilakukan di Istana Negara, namun karena situasi dan kondisi saat ini di tengah pandemi COVID-19 maka dilaksanakan secara virtual.

Baca juga: Putri Pariwisata Kotim raih 'cumlaude' Akademi Militer

"Tetapi ada dua perwakilan perwira remaja yang ke Istana Negara yakni peraih Adimakayasa dan yang disumpah," katanya.

Ia menuturkan selama pandemi COVID-19 ini kegiatan praktek lapangan bagi taruna di lapangan tetap berjalan, namun dikurangi tidak keluar sehingga tidak bersentuhan dengan masyarakat.

"Latihannya dilakukan di dalam kompleks Akmil di kawasan Gunung Tidar ini sudah cukup," katanya.