Akmil TNI diminta beradaptasi terhadap perubahan global

id Jokowi,Akmil TNI ,Kalteng,Menhan, perubahan global

Akmil TNI diminta beradaptasi terhadap perubahan global

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (26/1/2024). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/am.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meminta Akademi Militer (Akmil) TNI beradaptasi terhadap perubahan teknologi serta lanskap politik dan ekonomi global.

"Akademi Militer harus mampu dan mau menyesuaikan, beradaptasi dengan disrupsi, dengan perubahan teknologi," kata Jokowi ketika menyampaikan sambutan dalam acara peresmian Graha Utama Akmil di Magelang, Jawa Tengah, Senin.

Guna merespons berbagai perubahan yang terjadi dengan sangat cepat, lanjut Jokowi, para calon prajurit TNI yang sedang belajar di Akmil harus dibekali dengan materi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).

Baca juga: Jokowi bagikan sembako terkait Pemilu pada Januari 2024 hoaks!

Jokowi menganggap materi tersebut sangat penting dalam pengembangan dan penguasaan berbagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dilengkapi teknologi canggih, seperti kapal atau pesawat tanpa awak yang bisa dipersenjatai dengan teknologi pengenalan wajah (face recognition) untuk mengejar sasaran dengan tepat dan akurat.

"Hari ini, saya senang bisa bertemu di Akademi Militer. Ini 'kawahnya' para prajurit TNI AD terbaik, tempat menempa mental, menempa intelektual, dan menempa ketangguhan," kata Jokowi.

Dia juga memaparkan bahwa pembangunan graha utama seluas 8.068 meter persegi itu akan mendorong Akmil dan para tarunanya, karena sarana dan prasarana pendidikan di akademi itu akan semakin lengkap, canggih, dan modern.

Baca juga: Kaesang sebut Jokowi dukung PSI

Bangunan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis dan acara-acara militer.

"Saya harap dengan penambahan fasilitas pendidikan ini, Akmil Magelang semakin maju, menghasilkan semakin banyak prajurit yang tangguh dan profesional, mendedikasikan kemampuan terbaiknya menjaga kedaulatan bangsa," ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut mengatakan pembangunan Graha Utama Akmil merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi besar pembangunan dan pengembangan fasilitas pendidikan di institusi pendidikan militer.

Baca juga: Presiden Jokowi akui diajak Kaesang untuk kampanye

Graha Utama itu diharapkan dapat memiliki peran sentral dalam membentuk watak, mental, dan intelektual para calon pemimpin TNI.

Selain berfungsi utama sebagai gedung perkantoran gubernur dan pejabat utama Akmil, graha utama tersebut juga menjadi tempat penyelenggaraan acara kehormatan militer, upacara penting penerimaan tamu asing, serta acara pelantikan dan peringatan peristiwa bersejarah.

"Dengan penambahan fasilitas pendidikan yang modern mengikuti perkembangan zaman, diharapkan pembangunan Graha Utama Akmil Magelang dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan para taruna calon penerus bangsa dan dapat meningkatkan daya saing prajurit muda di kancah persaingan internasional," kata Prabowo.

Baca juga: Jokowi ajak Prabowo makan di warung bakso Magelang

Baca juga: Presiden Jokowi senang Timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Asia untuk kali pertama

Baca juga: Rekonsiliasi Jokowi dan Megawati sangat sulit