BPJS Kesehatan ajak berdonasi melalui virtual ride

id BPJS Kesehatan ,BPJS Kesehatan ajak berdonasi melalui virtual ride,Virtual Ride Challenge 2020

BPJS Kesehatan ajak berdonasi melalui virtual ride

ilustrasi Logo BPJS Kesehatan. (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA) - BPJS Kesehatan mengajak masyarakat terutama para pecinta bersepeda untuk mengikuti kegiatan Ride for Better Indonesia Virtual Ride Challenge 2020 yang dilaksanakan dalam rangka HUT KE-52 BPJS Kesehatan RI sekaligus HUT KE-75 Kemerdekaan RI..

Pembina BPJS Kesehatan Cycling Community (BKCC) Siswandi sebagai penyelenggara acara mengatakan kegiatan itu juga dilakukan sebagai kontribusi terhadap upaya penanggulangan COVID-19 yang berdampak kepada kondisi perekonomian masyarakat dan menyebabkan beberapa sektor pekerjaan kehilangan pendapatan.

“Ada masyarakat yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Hal ini menyebabkan kemampuan bayar mereka terhadap iuran JKN-KIS menjadi terganggu yang pada akhirnya memiliki tunggakan iuran. Akibatnya mereka yang terdampak langsung COVID-19 ini jadi tidak punya akses terhadap Jaminan Kesehatan jika suatu saat sakit,” kata Siswandi, dalam keterangan diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: MA tolak permohonan uji materi soal kenaikan iuran BPJS Kesehatan

Dengan Ride for Better Indonesia Virtual Ride Challenge 2020 masyarakat bisa berolahraga sambil menunjukkan kepedulian dan solidaritas kepada masyarakat terdampak, khususnya yang menunggak iuran JKN-KIS. Dengan berdonasi juga turut berkontribusi untuk memastikan masyarakat memiliki akses terhadap jaminan kesehatan, ujar dia.

Calon peserta dapat berpartisipasi dengan mendaftarkan diri melalui aplikasi Gerak – Virtual Race Indonesia yang dapat diunduh melalui Google Play Store maupun Apple Store. Setiap biaya pendaftaran peserta virtual ride akan didonasikan sebesar Rp30.000 kepada peserta JKN-KIS yang terdampak pandemi dan menunggak iuran.

Virtual ride akan dilaksanakan mulai 17 Agustus sampai 17 September 2020 dan menyediakan 2 pilihan jarak, yakni 52 kilometer (km) dan 75 km yang bisa peserta selesaikan selama satu bulan (multiple ride). Peserta yang berhasil menempuh jarak tersebut akan memperoleh medali, e-certificate dan undian hadiah menarik.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Palangka Raya validasi data program subsidi gaji

Individu maupun komunitas dapat berpartisipasi dan mendaftar sampai dengan 12 September 2020. Sampai saat ini lebih dari 700 peserta dari seluruh Indonesia telah mendaftarkan diri untuk berpartisipasi, serta telah terkumpul donasi sebesar Rp22.500.000.

Dalam pelaksanaan bersepeda virtual itu, dia mengharapkan peserta untuk bersama-sama tetap menerapkan protokol kesehatan terkait menjaga jarak demi mengurangi risiko penularan COVID-19. Selain itu, event itu juga diharapkan semakin menggiatkan penerapan gaya hidup sehat bagi masyarakat khususnya di masa pandemi.

“BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN-KIS tentu harus jadi salah satu motor penggerak kesadaran masyarakat dalam menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, BPJS Kesehatan juga terus melakukan literasi serta edukasi digital agar masyarakat lebih akrab dalam memanfaatkan teknologi digital guna mendukung aktivitas sehari-hari,” demikian ujar Siswandi.

Baca juga: BPJS TK sebut Masih ada perusahaan belum laporkan upah pekerja

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan masih kumpulkan rekening calon penerima subsidi upah

Baca juga: Ramai informasi bantuan karyawan gaji dibawah Rp5 juta, begini penjelasan Kanwil DJPb Kalteng

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar