Pengoperasian Pelabuhan Telang Baru tingkatkan PAD Bartim

id Pemkab bartim, pelabuhan telang baru, pelabuhan cpo, bongkar muat sawit, pad, tamiang layang

Pengoperasian Pelabuhan Telang Baru tingkatkan PAD Bartim

Dua unit truk sedang bongkar muat CPO di Pelabuhan Telang Baru milik Pemkab Bartim di Desa Telang Baru, Kecamatan Paju Epat baru-baru tadi. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah mengoperasionalkan Pelabuhan Telang Baru di Desa Telang Baru, Kecamatan Paju Epat.

"Pengoperasionalan Pelabuhan Telang Baru untuk meningkatkan pendapatan asli daerah tahun anggaran 2020," kata Kepala Dinas Perhubungan Bartim Hudaya Husinsah di Tamiang Layang, Jumat.

Menurutnya, target PAD sebesar Rp1 miliar pada 2020 akan terpenuhi karena operasional Pelabuhan Telang Baru sudah bekerja sama dengan PT Sawit Graha Manunggal (SGM) dalam pemanfaatan jasa pelabuhan bongkar muat 'crude palm oil' (CPO).

Pelabuhan Telang Baru melayani jasa tambat dan jasa masuk pelabuhan, sehingga bisa dipungut biaya retribusi tambat pelabuhan dan retribusi masuk pelabuhan.

Untuk retribusi tambat akan dihitung volume tonase per tambat, sedangkan retribusi masuk pelabuhan per unit sarana yang masuk pelabuhan. Unit sarana yang masuk memiliki kategori seperti mobil dan truk tangki.

"Kami yakin target PAD sebesar Rp1 miliar bisa didapati pada Agustus-Desember 2020 nanti asalkan pengoperasian Pelabuhan Telang Baru tidak ada hambatan atau gangguan," jelasnya.

Ditambahkan Hudaya, pengoperasian Pelabuhan Telang Baru sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 61 tahun 2009 tentang kepelabuhan.

Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Barito Timur nomor 300 tahun 2020 tentang operasional Pelabuhan Umum Telang Baru 6 Agustus 2020, maka Pelabuhan Telang Baru bersifat pelabuhan umum dan bisa operasional sejak tanggal ditetapkan.

Perusahaam besar swasta bisa bekerja sama dengan Pemkab Bartim melalui Dishub, dalam hal memakai jasa pelabuhan untuk bongkar muat barang maupun penumpang.

"Kerja sama Pelabuhan Telang Baru akan diperluas dengan perusahaan besar swasta lainnya seperti di bidang kehutanan, perkebunan dan tambang dengan pelayanan yang maksimal," demikian Hudaya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar