Penggunaan masker harus jadi gaya hidup, kata Ketua DPRD Gumas

id ketua DPRD Gumas,Penggunaan masker harus jadi gaya hidup,gunung mas,Akerman Sahidar

Penggunaan masker harus jadi gaya hidup, kata Ketua DPRD Gumas

Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Akerman Sahidar mengajak masyarakat di kabupaten itu agar terbiasa menggunakan masker, dan menjadikan penggunaan masker sebagai gaya hidup.

“Kita harus terbiasa dan disiplin menggunakan masker, khususnya saat beraktivitas di luar rumah, demi mencegah penyebaran atau terpapar COVID-19,” kata Akerman saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menyebut bahwa saat ini penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah merupakan suatu kebiasaan baru yang harus dilakukan, untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Baca juga: Seratusan calon petugas SP2020 di Gumas jalani tes cepat COVID-19

Dia menyadari, terkadang masih ada masyarakat yang lupa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Oleh sebab itu, setiap orang harus saling mengingatkan antara yang satu dengan yang lain.

Disamping itu, penerapan protokol kesehatan COVID-19 juga harus selalu dilakukan, seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, menghindari kontak fisik, menjaga jarak, dan lainnya.

“Akan lebih baik jika kita selalu membawa hand sanitizer jika keluar rumah,” tutur legislator yang berasal dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Baca juga: Legislator pertanyakan izin angkut kayu log milik PT HPL

Yang tak kalah penting, masyarakat hendaknya selalu melakukan upaya dalam menjaga daya tahan tubuh, untuk mencegah penularan virus yang pertama kali muncul di Negeri Tirai Bambu China itu.

Caranya adalah dengan beristirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, rutin berolah raga, dan beberapa lainnya. Dengan daya tahan tubuh yang baik, diharapkan masyarakat tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Lebih lanjut, pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini juga meminta kepada seluruh pihak di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau  agar gencar menyosialisasikan adaptasi kebiasaan baru.

“Kita semua harus gencar menyosialisasikan adaptasi kebiasaan baru kepada masyarakat, seperti mengenakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, serta lainnya,” demikian Akerman.

Baca juga: Polres Gumas sebut puluhan TPS masuk kategori rawan geografis

Baca juga: SMAN 1 Kurun di Gumas pinjamkan siswa gadget untuk belajar daring

Baca juga: Mulai konsumsi bahan makanan non beras untuk dukung diversifikasi pangan lokal