SMAN 1 Kurun di Gumas pinjamkan siswa gadget untuk belajar daring

id SMAN 1 Kurun,gunung mas,SMAN 1 Kurun di Gumas pinjamkan siswa gadget untuk belajar daring,sekolah online

SMAN 1 Kurun di Gumas pinjamkan siswa gadget untuk belajar daring

Kepala SMAN 1 Kurun Batuah. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah meminjamkan gadget kepada sejumlah siswa kurang mampu di sekolah itu, untuk mendukung kegiatan belajar secara dalam jaringan atau online.

Kepala SMAN 1 Kurun Batuah saat dibincangi di Kuala Kurun mengatakan bahwa dengan adanya gadget tersebut maka diharapkan siswa tidak mengalami kendala saat mengikuti kegiatan belajar secara daring.

“Ada dua siswa yang kurang mampu dan tidak memiliki gadget. Kami meminjamkan gadget milik sekolah kepada mereka, supaya mereka tetap dapat mengikuti kegiatan belajar secara daring,” ucapnya.

Baca juga: Mulai konsumsi bahan makanan non beras untuk dukung diversifikasi pangan lokal

Dia menerangkan, SMA Negeri 1 Kurun memiliki 262 gadget untuk mendukung kegiatan pembelajaran, dimana anggarannya berasal dari pemerintah pusat yakni Bantuan Operasional Sekolah Kinerja pada tahun 2019 lalu.

Gadget itulah yang dipinjamkan kepada dua siswa kurang mampu. Sebelum gadget diserahkan, dilakukan penandatangan surat perjanjian, agar siswa yang bersangkutan bertanggung jawab terhadap gadget tersebut.

Untuk memudahkan siswa dalam pelaksanaan belajar daring, ujar dia, siswa juga diperkenankan bergabung dengan siswa lainnya. Artinya, siswa dapat menghemat pengeluaran untuk membeli kuota atau paket data.

Baca juga: 703 pelaku usaha di Gumas diusulkan dapat bansos dari Kemenkop dan UKM

“Dalam pelaksanaannya memang ada siswa yang bergabung. Bisa dua hingga empat siswa bergabung di satu tempat untuk mengikuti belajar daring,” beber Batuah yang juga pernah menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Sepang.

Lebih lanjut, sejauh ini pelaksanaan kegiatan belajar secara daring di SMAN 1 Kurun dapat dibilang telah berjalan dengan baik. Sekitar 700an siswa di sekolah itu mampu mengikuti kegiatan belajar secara daring, walau pola ini terbilang baru.

Para guru di SMAN 1 Kurun juga terus membiasakan diri dengan pola belajar secara daring. Disamping itu, para guru juga terus berupaya meningkatkan pengetahuan mereka di bidang teknologi informasi.

“Kegiatan belajar secara daring di SMAN 1 Kurun sejauh ini berjalan baik dan lancar. Itu dapat dilihat dari kehadiran siswa dan setiap tugas yang disampaikan oleh guru selalu dikerjakan oleh siswa,” jelas Batuah.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas harapkan kebersamaan antar anggota semakin erat

Baca juga: Bupati Gumas ingatkan perangkat daerah segera susun RKA

Baca juga: DPRD dan Pemkab Gumas setujui Raperda Perubahan APBD 2020 menjadi Perda

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar