Legislator minta pemkot pantau harga kebutuhan pokok jelang akhir tahun

id Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Ruselita ,DPRD Kota Palangka Raya,Kalimantan Tengah,Kalteng,Palangka Raya

Legislator minta pemkot pantau harga kebutuhan pokok jelang akhir tahun

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Ruselita. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Ruselita mengingatkan sekaligus meminta pemerintah kota setempat untuk memantau harga kebutuhan bahan pokok jelang natal dan akhir tahun 2020.

"Jelang hari-hari besar tersebut pasti ada kenaikan harga sejumlah pangan, agar tidak melonjak pemkot disarankan memantau harga kebutuhan pokok tersebut," kata Ruselita di Palangka Raya, Kamis.

Meskipun ada kenaikan harga nantinya jelang natal dan tahun baru, namun kenaikannya wajar dan jangan sampai kenaikan harga kebutuhan pokok sampai tidak wajar.

Apabila ada terjadi kenaikan harga bahan pokok yang cukup signifikan, tentunya instansi bersama pihak kepolisian harus melakukan penyelidikan terhadap naiknya bahan pangan tersebut.

"Jangan sampai harga kebutuhan pokok dipermainkan para tengkulak, sehingga masyarakat yang memerlukan bahan tersebut menjadi korbannya," ucapnya.

Srikandi di DPRD Kota Palangka Raya yang kesehariannya mengenakan kerudung itu, juga mengingatkan kepada para pedagang jangan sampai melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok.

Sebab apabila ada terjadi penimbunan, nantinya akan ada permintaan yang berlebihan sehingga harga bahan komoditi yang diperlukan masyarakat dipermainkan.

"Sehingga ada gejolak harga komoditas kalau bahan komoditas tersebut ditimbun oleh oknum pedagang," bebernya.

Baca juga: Warga Palangka Raya diminta waspadai DBD di tengah pandemi COVID-19

Ditambahkan politisi Perindo Kota Palangka Raya tersebut, bagi oknum pedagang yang nantinya terbukti menimbun bahan pangan bisa dikenakan tindak pidana hukum sesuai aturan yang berlaku.

Satuan Tugas Pangan Kota Palangka Raya tentunya apabila ada laporan dari masyarakat mengenai harga pangan yang melonjak drastis akan bergerak.

"Tim Satgas Pangan tidak segan-segan menindak oknum yang berani memainkan harga bahan kebutuhan pokok di daerah kita," demikian Ruselita.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lapangan harga komoditas baik di pasar maupun di sejumlah mini market masih terbilang stabil. namun tidak ada salahnya pemerintah jauh-jauh hari melakukan pengecekan harga komoditas di pasar-pasar yang ada di daerah setempat.

Baca juga: Berikut retribusi pelayanan pemakaman dan pengabuan mayat di Palangka Raya

Baca juga: Cegah golput dalam pilkada, kata Legislator Palangka Raya

Baca juga: Warga Palangka Raya diminta waspadai aksi pencurian
 

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar