Singapura mulai jual makanan hasil budidaya lab

id Singapura,budidaya lab,Singapura mulai jual makanan hasil budidaya lab,Chicken bites

Singapura mulai jual makanan hasil budidaya lab

Chicken bites made from lab-grown cultured chicken developed by Eat Just is pictured in this handout photo. Eat Just, Inc./Handout via REUTERS THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. NO RESALES. NO ARCHIVES. (via REUTERS/EAT JUST, INC)

Jakarta (ANTARA) - Daging ayam hasil rekayasa buatan laboratorium, bukan hasil menyembelih hewan ternak, mulai akan dijual di Singapura.

"Chicken bites", penganan sejenis bola-bola daging ayam produksi perusahaan asal Amerika Serikat Eat Just sudah lolos pemeriksaan keamanan Agensi Makanan Singapura dan pemberian ijin itu akan membuka pintu ke arah masa depan di mana daging bisa dihasilkan tanpa menyembelih hewan ternak, kata perusahaan dikutip dari Guardian pada Kamis.

Lusinan perusahaan sedang mengembangkan ayam, daging sapi, dan babi yang dibudidayakan, dengan tujuan untuk mengurangi dampak produksi ternak industri terhadap krisis iklim dan alam, serta menyediakan daging yang lebih bersih, bebas obat-obatan, dan bebas kekejaman.

Saat ini, sekitar 130 juta ayam dan 4 juta babi disembelih setiap hari untuk diambil dagingnya.

Berdasarkan beratnya, 60 persen mamalia di bumi adalah ternak, 36 persen adalah manusia dan hanya 4 persen hewan.

Baca juga: Cara membuat roti selai kacang dan stroberi untuk menu sarapan

Daging ayam buatan dibudidayakan oleh Eat Just dengan cara menanam sel-sel dalam bioreaktor berkapasitas 1.200 liter dan kemudian dikombinasikan dengan bahan-bahan nabati.

Ketersediaan awal daging buatan akan terbatas, kata perusahaan itu, dan makanan tersebut akan dijual di sebuah restoran di Singapura.

Produk tersebut akan jauh lebih mahal daripada ayam konvensional sampai produksinya ditingkatkan, tetapi Eat Just mengatakan pada akhirnya akan lebih murah.

Baca juga: Seberapa aman konsumsi makanan beku siap santap?

Sel yang digunakan untuk memulai proses berasal dari bank sel dan tidak memerlukan pemotongan ayam karena sel dapat diambil dari biopsi hewan hidup. Nutrisi yang disuplai ke sel-sel yang tumbuh semuanya berasal dari tumbuhan.

Media pertumbuhan untuk jalur produksi Singapura termasuk serum janin sapi, yang diambil dari darah janin, tetapi sebagian besar dikeluarkan sebelum dikonsumsi.

Serum nabati akan digunakan di lini produksi berikutnya, kata perusahaan itu.

Serangkaian penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa orang di negara kaya makan lebih banyak daging, yang mana itu tidak sehat untuk mereka atau planet ini.

Penelitian menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi daging sangat penting dalam mengatasi krisis iklim dan beberapa ilmuwan mengatakan ini adalah tindakan lingkungan terbaik yang dapat dilakukan seseorang.

Perusahaan yang mengembangkan daging yang dibudidayakan di laboratorium percaya ini adalah produk yang paling mungkin untuk menghentikan pemakan daging yang berkomitmen dari sumber tradisional.

Pola makan vegan dipandang tidak menarik oleh sebagian orang, dan penggantian daging nabati tidak selalu dianggap mereplikasi tekstur dan rasa daging konvensional.

Daging yang dibudidayakan dalam bioreaktor juga menghindari masalah kontaminasi bakteri dari kotoran hewan dan penggunaan antibiotik dan hormon yang berlebihan pada hewan.

Skala kecil dari produksi daging budidaya saat ini membutuhkan penggunaan energi yang relatif tinggi, tentunya berkenaan dengan emisi karbon. Tapi begitu ditingkatkan, pabrikannya mengatakan akan menghasilkan emisi yang jauh lebih rendah dan menggunakan air dan tanah yang jauh lebih sedikit daripada daging konvensional.

Josh Tetrick, dari Eat Just, berkata: "Saya pikir persetujuan adalah salah satu tonggak terpenting dalam industri makanan dalam beberapa dekade terakhir. Ini adalah pintu terbuka dan terserah kami dan perusahaan lain untuk mengambil peluang itu. Harapan saya adalah ini mengarah ke dunia dalam beberapa tahun ke depan di mana mayoritas daging tidak perlu membunuh satu hewan atau merobohkan satu pohon."

Baca juga: Durian masuk dalam Museum Makanan Menjijikkan di Swedia

Namun dia mengatakan tantangan utama tetap ada, yang terbesar adalah reaksi konsumen terhadap daging hasil budidaya.

Tantangan lainnya termasuk mendapatkan persetujuan peraturan di negara lain dan meningkatkan produksi.

"Jika kami ingin melayani seluruh negara Singapura, dan akhirnya membawanya ke tempat lain di dunia, kami perlu beralih ke bioreaktor 10.000 liter atau 50.000 liter lebih," kata Tetrick.

Eat Just sudah memiliki pengalaman dalam menjual produk non-hewani, seperti telur nabati dan mayones vegan, kepada konsumen. Perusahaan lain, Supermeat.com di Israel, baru saja mulai mencicipi makanan publik gratis yang melibatkan "ayam budidaya renyah".

Pakar industri mengatakan perusahaan lain, termasuk Memphis Meats, Mosa Meat dan Aleph Farms, mungkin berhasil di masa depan karena mereka mengerjakan produk bertekstur seperti steak dan mampu menghasilkan daging yang ditanam di laboratorium dalam jumlah yang signifikan sejak awal. Tyson dan Cargill, dua perusahaan daging konvensional terbesar di dunia, sekarang memiliki saham di Memphis Meats.

Laporan terbaru dari konsultan global AT Kearney memperkirakan bahwa sebagian besar daging pada tahun 2040 tidak akan berasal dari hewan yang mati.

Carsten Gerhardt dari perusahaan tersebut mengatakan: "Persetujuan di hotspot inovasi seperti Singapura pada tahun 2020 dapat mempercepat masuknya pasar di negara maju lainnya. Dalam jangka panjang kami yakin bahwa daging yang dibudidayakan akan mengatasi masalah kesehatan dan dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh daging tradisional saat diproduksi dengan cara yang sangat maju."

Baca juga: Startup kuliner Kaesang dan Gibran terima suntikan dana Rp29 miliar

Baca juga: Deretan kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Hong Kong

Baca juga: Makanan sehat untuk mengdongkrak rasa bahagia