Masyarakat desa di Gumas disiplin terapkan protokol kesehatan pada pilkada

id Dprd gumas, gunung mas, kuala kurun, cici susilawati, legislator kuala kurun, desa taringen, kecamatan manuhing

Masyarakat desa di Gumas disiplin terapkan protokol kesehatan pada pilkada

Legislator Gumas Cici Susilawati berfoto di depan TPS, usai menggunakan hak pilih di Desa Taringen, Kecamatan Manuhing, Rabu, (9/12/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Cici Susilawati turut menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kalteng 2020 di Desa Taringen, Kecamatan Manuhing.

“Saya lihat penerapan protokol kesehatan di Desa Taringen saat pemungutan suara berjalan baik. Masyarakat tertib mengenakan masker saat datang ke tempat pemungutan suara,” ucap Cici saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

Disamping itu, ujar dia, masyarakat Desa Taringen juga menaati berbagai ketentuan dalam penerapan protokol kesehatan saat pilkada, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, mengenakan sarung tangan plastik, dan lainnya.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya ini juga tidak melihat orang tua yang membawa anak-anak ke TPS.

Menurutnya, hal itu menandakan baiknya kesadaran masyarakat Desa Taringen dalam menerapkan protokol kesehatan saat pemungutan suara, demi menghindari munculnya klaster baru COVID-19, mengingat pelaksanaan pilkada dilakukan di tengah terjadinya pandemi COVID-19.

“Ini juga tak lepas dari peran seluruh pihak, termasuk Pemerintah Desa Taringen yang gencar mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan di TPS saat pemungutan suara,” tutur politisi Partai Demokrat ini.

Perempuan kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing ini juga menyampaikan harapannya agar pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020 khususnya di Gumas berjalan baik, aman, lancar dan sehat.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong mengimbau masyarakat di kabupaten itu agar menggunakan hak pilih, dengan datang ke TPS dan memilih pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng untuk lima tahun kedepan.

Suami dari Mimie Mariatie ini juga mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan saat menggunakan hak pilih di TPS, supaya tidak muncul klaster baru COVID-19.

“Mari kita bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan, demi kondusifnya wilayah Gumas tercinta,” ajak orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.