DPRD Seruyan ingin alat damkar di perdesaan dilengkapi

id Dprd seruyan, arrahman, alat pemadam kebakaran, damkar, kuala pembuang, desa telaga pulang

DPRD Seruyan ingin alat damkar di perdesaan dilengkapi

Foto Dokumentasi - Anggota DPRD Seruyan Arrahman di Kuala Pembuang, (14/8/2020). (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mendorong agar alat pemadam kebakaran di kawasan perdesaan bisa dilengkapi oleh pemerintah melalui instansi terkait, sebagai langkah antisipasi jika terjadinya kebakaran.

Anggota DPRD Seruyan, Arrahman di Kuala Pembuang, Jumat, menyampaikan pentingnya hal tersebut, sekaligus menanggapi minimnya alat pemadam kebakaran di Desa Telaga Pulang, Kecamatan Danau Sembuluh.

“Penambahan alat pemadam ini perlu diperhatikan, mengingat di wilayah tersebut rentan terjadi kebakaran. Penambahan fasilitas akan mengurangi resiko yang bisa terjadi,” katanya.

Berdasarkan hasil reses daerah pemilihan II, salah satu aspirasi dari masyarakat yang disampaikan kepada pihaknya adalah hal tersebut, yakni penyediaan bantuan alat-alat pemadam kebakaran.

Adapun dalam upaya menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), masyarakat setempat telah membentuk kumpulan peduli bencana kebakaran.

"Namun sangat disayangkan fasilitas kelengkapan pemadam kebakaran yang dimiliki masih kurang memadai. Maka gerakan masyarakat ini harus kita perhatikan,” ungkap Arrahman.

Politisi Demokrat itu menjelaskan, seperti yang diketahui sebentar lagi akan memasuki musim kemarau yang artinya kewaspadaan terhadap karhutla perlu ditingkatkan, baik antisipasi seperti pencegahan maupun penanggulangannya.

“Seperti kita ketahui kawasan Desa Telaga Pulang termasuk dalam zona rentan terjadinya karhutla, oleh karena itu upaya pencegahan harus ditingkatkan,” harapnya.

Arrahman berharap, pemkab bisa segera mewujudkan aspirasi masyarakat setempat dengan cara menyalurkan berbagai bantuan alat pemadam kebakaran, untuk memfasilitasi kelompok peduli bencana kebakaran di Desa Telaga Pulang.

"Kelompok-kelompok yang seperti ini harus kita perhatikan karena memiliki kepedulian yang tinggi terhadap daerah. Saya juga mengimbau masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap karhutla,” demikian Arrahman.