Diran tegaskan ketua DPD PAN se-Kalteng ditentukan ketua umum

id Diran tegaskan ketua DPD PAN se-Kalteng ditentukan ketua umum, Achmad Diran, pan Kalteng, Palangka Raya

Diran tegaskan ketua DPD PAN se-Kalteng ditentukan ketua umum

Ketua DPW PAN Kalteng Achmad Diran (tengah) didampingi Sekretaris partai Arief M Norkim (kanan) dan Bendahara partai Tommy Irawan Diran menjelaskan mengenai bagaimana pemilihan formatur DPD PAN se-provinsi setempat yang dilaksanakan di Palangka Raya, Minggu (14/2/2021). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - putusan siapa yang akan diamanahkan menduduki jabatan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah akan ditentukan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Zulkifli Hasan.

"Dari nama-nama formatur yang diajukan nantinya akan ada empat nama dijadikan pengurus. Pemilihan itu nantinya langsung dipilih oleh DPP PAN, bukan DPW yang memilihnya kami hanya memonitor saja," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Kalteng Achmad Diran di Palangka Raya, Minggu.

Diran mengatakan, musyawarah daerah akam dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2021 dalam rangka pemilihan pengurus baru DPD PAN se-Kalteng dilaksanakan secara virtual.

Politisi yang pernah menjabat Wakil Gubernur Kalteng selama dua periode itu mengaku awalnya dia mengira awalnya akan sedikit peminat pemilihan calon formatur DPD PAN se-kabupaten/kota di Kalteng. Namun alangkah terkejutnya dia karena hampir setiap daerah mengirimkan nama calon pesertanya minimal lima orang dan paling banyak delapan orang.

DPP PAN nantinya akan memilih, hanya empat orang yang dijadikan tim formatur. Setalah dipilih oleh DPP, maka tim formatur setelah terpilih ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) maka diperintahkan segera membentuk struktur pengurus lainnya.

"Musyawarah daerah tidak hanya dilaksanakan di Kalteng saja, melainkan beberapa provinsi lain juga melakukan hal yang sama di tanggal yang sama pula," bebernya.

Diran yang didampingi Sekretaris PAN Kalteng Arif M Norkim dan Bendaharanya Tommy Irawan Diran, menambahkan bahwa nama-nama calon formatur DPD PAN di setiap daerah yang diajukan, nantinya penentuannya murni dipilih oleh DPP.

Pengurus DPW PAN Kalteng hanya sebagai perpanjangan tangan partai karena yang berhak menentukan semua untuk menduduki jabatan ketua DPD PAN di daerah itu merupakan murni kewenangan pengurus pusat.

"Ketua dan pengurus DPW PAN Kalteng sama sekali tidak ada mencoret nama peserta yang diajukan untuk menjadi pengurus DPD di setiap daerah, karena kami sifatnya hanya memonitor saja," ungkap Diran.

Sebelum memberikan keterangan pers, DPW PAN Kalteng juga melaksanakan rapat konsolidasi pengurus yang baru saja terbentuk setelah pada 20 Desember 2020 lalu. Seperti diketahui, Diran kembali dipilih sebagai Ketua PAN Kalteng periode 2021-2025.

"Rapat konsolidasi dengan pengurus agar lebih solid dalam koordinasi partai, guna menyusun rencana kerja menghadapi pemilu serentak yang akan datang," demikian Diran.

Baca juga: Disdukcapil jemput bola data penduduk wilayah pinggiran di Palangka Raya

Baca juga: Petani disarankan sesuaikan jenis tanaman dengan cuaca