DPRD Seruyan imbau nelayan perhatikan cuaca saat beraktivitas

id Dprd seruyan, nelayan seruyan, bejo riyanto, pan, partai amanat nasional, kuala pembuang, cuaca ekstrem, kalteng, kalimantan tengah

DPRD Seruyan imbau nelayan perhatikan cuaca saat beraktivitas

Ilustrasi - Nelayan tradisional. ANTARA/HO-KKP

...dikarenakan dalam beberapa waktu terakhir kondisi cuaca di wilayah setempat kurang bersahabat
Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Bejo Riyanto mengimbau para nelayan di wilayah setempat berhati-hari dan waspada saat melakukan aktivitas menangkap ikan di laut.

“Hal ini dikarenakan dalam beberapa waktu terakhir kondisi cuaca di wilayah setempat kurang bersahabat,” katanya di Kuala Pembuang, Sabtu.

Menurut dia, kondisi cuaca saat ini tidak begitu bagus karena kadang hujan dan tidak. Bahkan jika hujan turun angin yang datang juga bertiup kencang, sehingga gelombang di laut juga akan berpotensi besar.

Untuk itu, dirinya mengimbau para nelayan yang akan pergi melaut selalu waspada, serta benar-benar memastikan keadaan cuaca terlebih dahulu, sebelum berangkat menangkap ikan.

Dijelaskannya, sejumlah langkah tersebut perlu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jika memang keadaan atau cuaca tidak memungkinkan, maka sebaiknya tidak usah mengambil risiko yang bisa membahayakan keselamatan.

“Biar bagaimanapun keselamatan itu yang lebih utama. Kalau kita mencari ikan masih bisa menunggu cuacanya mendukung, jangan sampai dipaksakan,” tegas Bejo.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan, Pemkab Seruyan juga diharapkan bisa memberikan solusi terkait kondisi nelayan yang sulit melaut karena cuaca yang tidak begitu baik.

Misalnya memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya nelayan, sehingga bisa meringankan beban mereka saat kesulitan melaut.

“Saya harap instansi terkait bisa membantu mencarikan solusinya, agar para nelayan di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini tidak kebingungan dalam beraktivitas,” demikian Bejo.