DPRD Kapuas dukung pengembangan potensi wisata situs Bataguh

id DPRD Kapuas dukung pengembangan potensi wisata situsBataguh, Kalteng, kapuas

DPRD Kapuas dukung pengembangan potensi wisata situs Bataguh

Usai berdialog dengan Pemerintah Kecamatan Bataguh, Kepala Desa dan tokoh masyarakat di daerah setempat, anggota DPRD Kabupaten Kapuas, dari Dapil V melakukan foto bersama, Rabu (28/4/2021). ANTARA/All Ikhwan

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas V menilai potensi wisata di Kecamatan Bataguh dikembangkan karena sangat menarik.

"Menjadi pusat perhatian kami, yakni situs Bataguh yang merupakan legenda budaya yang nanti kita angkat menjadi potensi destinasi wisata," kata anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Kunanto, Kamis.

Anggota DPRD Kapuas dari daerah pemilihan V melaksanakan reses ke Kecamatan Bataguh, Rabu (38/4). Kegiatan diisi dengan dialog untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Kunanto mengatakan, dalam dialog tersebut, yang menjadi pusat perhatian pihaknya yakni di Kecamatan Bataguh terdapat sejarah Nyai Undang sebagai situs sejarah yang harus diangkat menjadi destinasi wisata di Kabupaten Kapuas.

Potensi wisata tersebut sangat bagus untuk dikembangkan. Selain untuk pelestarian, pengembangannya juga berpotensi untuk bidang pariwisata dan peluang ekonomi kerakyatan.

Masukan tersebut juga disampaikan dalam pertemuan tersebut. Namun legislator tetap menyarankan itu dibahas melibatkan masyarakat setempat.

"Kedatangan kami rombongan dari anggota Dapil V ke Kecamatan Bataguh, untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan kami,” kata Kunanto.

Legislator dari Partai NaseDem ini mengatakan, rombongan pihaknya yang terdiri dari 11 orang tersebut, melakukan dialog bersama Pemerintah Kecamatan Bataguh, Kepala Desa dan tokoh masyarakat di daerah setempat, di Auala Kantor Camat Bataguh yang diterima langsung oleh Suryadin Camata Bataguh.

Selain itu, ada beberpa aspirasi yang disampaikan oleh pihak Kecamatan Bataguh, terutama infrastruktur jalan dan jembatan, gedung pertemuan, halaman kantor Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Bataguh dan gedung bangunan sekolah dasar.

Baca juga: Pemkab Kapuas dukung penyekatan di batas Kalteng cegah peningkatan COVID-19

"Aspirasi yang disampaikan pihak kecamatan akan kami prioritaskan dan disampaikan kepada Pemkab Kapuas pada saat menyampaikan hasil reses melalui rapat paripurna nantinya,” ucapnya.

Kunanto berharap, di masa pandemi saat ini, apa yang sudah menjadi program prioritas agar tidak terkena "refocusing" anggaran. Diharapkan ini bisa dilaksanakan dan bisa dinikmati hasil pembangunannya oleh masyarakat.

"Saya berharap program prioritas tidak kena damapak dari 'refocusing' anggaran, sehingga masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan," harapnya.

Sementara itu, Camat Bataguh Suryadin menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota DPRD Kabupaten Kapuas dari Dapil V telah berkunjung. Dia berharap apa yang menjadi apirasi yang sudah disampaikan kepada para wakil rakyat bisa diperjuangkan.

"Ada banyak aspirasi yang kami sampaikan kepada 11 anggota dewan yang hari ini bertatap muka langsung dan kami sampaikan aspirasi baik pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang sangat di butuhkan warga saat ini," demikian Suryadin.

Baca juga: Legislator Kapuas berharap MTQ tidak dipaksakan di tengah pandemi COVID-19