Vaksinasi serentak Kalteng besok diutamakan untuk dosis kedua

id Pemprov kalteng, vaksinasi, vaksinasi serentak kalteng, kalimantan tengah, palangka raya, pandemi covid 19, percepatan vaksinasi, vaksinasi dosis dua

Vaksinasi serentak Kalteng besok diutamakan untuk dosis kedua

Pengumuman kegiatan vaksinasi serentak di Kalteng pada Kamis (4/8) besok. (ANTARA/HO-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan akan dilaksanakan vaksinasi serentak.

Seluruh fasilitas kesehatan di Kalimantan Tengah akan melaksanakan vaksinasi serentak pada Kamis (5/8), kata Penjabat Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin di Palangka Raya, Rabu.

"Ini sesuai arahan Gubernur Kalimantan Tengah agar besok dilaksanakan vaksinasi di seluruh faskes maupun tempat lainnya berdasarkan kesepakatan instansi teknis bersama TNI-Polri," katanya.

Pelaksanaan vaksinasi serentak yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI dengan mengusung tema "Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh menuju Kalteng semakin berkah".

"Ini kegiatan yang diluncurkan menyambut HUT kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang," ungkap Nuryakin.

Vaksinasi COVID-19 akan dipusatkan di lapangan olahraga Sanaman Mantikei dan GOR Universitas Palangka Raya.

Target vaksinasi serentak di Kalteng sekitar 25.000-30.000 orang, diutamakan vaksinasi dosis kedua yang sudah sampai waktunya dan atau lewat tenggat waktu yang telah ditentukan.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih jelas terkait pelaksanaan vaksinasi ini bisa menghubungi pusat panggilan atau call center 082148993934.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul menambahkan, vaksinasi serentak diperuntukan bagi semua sasaran kecuali nakes. Fokus utamanya pada masyarakat yang sudah terjadwal dosis kedua atau jadwalnya sudah terlewati.

"Fokus kita dosis kedua dulu. Hutang dosis dua sangat banyak," tegasnya saat dihubungi ANTARA.

Selain bisa menghubungi pusat panggilan layanan yang disediakan untuk kegiatan ini, karena juga dilaksanakan di faskes yang ada, maka masyarakat bisa menghubungi faskesnya tersebut.

Percepatan vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten dan kota serta instansi terkait lainnya di Kalteng, sebagai bagian dari upaya memaksimalkan penanganan pandemi COVID-19.

Untuk itu semua pihak diharapkan mendukung suksesnya program tersebut, termasuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021