883 nakes di Gumas ditargetkan terima vaksin dosis ketiga

id Pemkab gumas, vaksinasi gumas, kuala pembuang, vaksinasi dosis ketiga gumas, kuala kurun, kalteng, kadinkes gumas maria efianti, puskesmas tampang tum

883 nakes di Gumas ditargetkan terima vaksin dosis ketiga

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gumas Maria Efianti saat mengikuti vaksin dosis ketiga di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Sabtu, (7/8/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Gunung Mas, Kalimantan Tengah Maria Efianti mengatakan, sebanyak 883 tenaga kesehatan di kabupaten setempat ditargetkan menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga.

“Hari ini di Gumas telah dimulai vaksinasi dosis ketiga untuk nakes,” ucap Maria didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nia Ernawati di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Sabtu.

Dia menyebut, sebelumnya nakes telah mengikuti vaksinasi dosis pertama dan kedua yang menggunakan vaksin Sinovac. Sedangkan dosis ketiga tidak lagi menggunakan Sinovac, namun menggunakan vaksin Moderna.

Saat ini, tutur dia, vaksin Moderna bagi nakes telah didistribusikan ke seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Dia pun meminta vaksinasi dosis ketiga bagi nakes segera dilakukan, sepanjang nakes yang bersangkutan memenuhi persyaratan setelah sebelumnya terlebih dahulu dilakukan skrining.

Maria sendiri telah mengikuti vaksin dosis ketiga di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir bersama Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kepala Puskesmas Nevie Ervina dan sejumlah nakes.

Sebelum disuntik vaksin, Maria terlebih dulu melewati sejumlah tahapan pemeriksaan apakah layak atau tidak disuntik vaksin. Setelah dinyatakan layak, suntik vaksin baru dilakukan kepadanya.

“Setelah lewat sekitar 20 menit, saya tidak merasakan apa-apa, biasa-biasa saja. Namanya disuntik tentunya memang ada nyeri ringan, tapi itu biasa saja dan semoga nantinya tetap seperti itu,” paparnya.

Kepala Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Nevie Ervina juga mengaku tidak merasakan adanya efek samping setelah menjalani vaksinasi dosis ketiga dan dia kembali beraktivitas seperti biasa.

“Saat ini Puskesmas Tampang Tumbang Anjir juga masih melayani masyarakat yang datang, baik untuk mengikuti vaksinasi dosis kedua atau lainnya,” jelas Nevie.