Aksi sosial Aliansi Pemuda Kalteng semarakkan HUT RI

id Donasi literasi kalteng, gmni kalteng, aliansi pemuda kalteng, hut ri, kemerdekaan ri, al khairat katingan, kasongan, kalteng, kalimantan tengah, lite

Aksi sosial Aliansi Pemuda Kalteng semarakkan HUT RI

Penyerahan bantuan kepada Yayasan Al-Khairat di Kabupaten Katingan, Selasa, (17/8/2021). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Tim donasi literasi yang terdiri dari beberapa komunitas pemuda di Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan donasi literasi 'batch' atau kelompok tiga, untuk memperingati sekaligus menyemarakkan HUT ke-76 Republik Indonesia.

"Kegiatan ini telah kami laksanakan di Yayasan Panti Asuhan Al-Khairat, Desa Hampalit, Kabupaten Katingan," kata Ketua Tim Donasi, Muhamad Kadafi di Palangka Raya, Rabu.

Dijelaskannya, tujuan donasi literasi dalam semarak kemerdekaan adalah mengambil momen HUT ke-76 RI, sebagai bagian dari mewujudkan "Merdeka Belajar" bagi anak bangsa yang saat ini tertinggal dari jangkauan pendidikan layak.

Adapun donasi literasi ini, sebagai bagian dari gerakan bersama untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya literasi, terlebih masih dalam suasana pandemi Coronavirus Disease 2019 yang membuat semuanya menjadi serba terbatas.

"Harapan kami, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi mereka yang menerima dan kedepan tingkat literasi di Indonesia meningkat, khususnya di Kalimantan Tengah," tegasnya.

Selain itu diharapkan kedepan semakin banyak lagi orang-orang yang terbuka hatinya untuk bahu-membahu saling membantu serta berbagi kepada sesama.

Menariknya dalam kegiatan ini pihaknya tidak hanya menata dan menambah koleksi perpustakaan semata, namun juga memberikan materi edukasi mengenai berbagai pokok pembahasan.

"Seperti wawasan kebangsaan, motivasi, bahasa Inggris, IPA, serta mengenai kesehatan. Siswa pun tampak sangat antusias dan menyambut baik kedatangan kami," tuturnya.

PC Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Katingan memberikan materi tentang pengenalan profesi apoteker dan pengetahuan dasar tentang obat kepada anak asuh. Diharapkan melalui penyampaian materi tersebut anak asuh dapat lebih hati- hati dalam penggunaan obat.

Dijelaskannya, tim ini tergabung dari beberapa komunitas, meliputi Kalteng Cerdas, GMNI, Euroweek Indonesia, Ant Republic, Duta Inspirasi, Ikatan Duta Bahasa Kalteng, Bintang Literasi, IMPKY Surabaya, Info Kalteng, Info Pky serta IAI (Hisfarma).

Donasi yang telah terkumpul dari beberapa donatur berupa buku pelajaran, buku bacaan umum, pakaian, tas, alat tulis dan bingkisan kudapan yang telah disalurkan kepada anak asuh Yayasan Al-Khairat. Kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dan sambutan positif dari pihak Yayasan Al-Khairat.

"Semoga kegiatan ini dapat menambah motivasi anak-anak untuk belajar dan meningkatkan kegemaran membaca, " ucap Ketua Yayasan Al-Khairat, M Syubadin Nur.