Banjir di sejumlah kabupaten, BIN Kalteng ikut pantau dan beri bantuan ke korban

id Kepala Badan Intelijen Daerah Kalimantan Tengah, Brigjen TNI Sinyo, Badan Intelijen Daerah Kalimantan Tengah, Binda Kalimantan Tengah, Kabinda Kaliman

Banjir di sejumlah kabupaten, BIN Kalteng ikut pantau dan beri bantuan ke korban

Kepala Badan Intelijen Daerah Kalimantan Tengah Brigjen TNI Sinyo (baju merah) saat akan menyerahkan bantuan ke korban banjir di Kobar, Jumat (3/9/2021). ANTARA/HO-Binda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Badan Intelijen Daerah Kalimantan Tengah Brigjen TNI Sinyo terjun langsung melihat kondisi terbaru, sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir, di sejumlah wilayah di Kabupaten Kotarawingin Barat dan Seruyan.

"Datang langsung ke lokasi dan memberikan bantuan ini, sesuai arahan Kepala BIN. Beliau menginginkan BIN harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, terutama yang sedang mengalami musibah," kata Sinyo di Palangka Raya, Minggu.

Adapun bantuan berupa sembako serta lainnya yang telah disediakan dan diberikan Binda Kalteng itu ke korban banjir di Desa Pembuang Hulu I, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan, serta di Kelurahan Pangkut, Kabupaten Kotawaringin Barat, Jumat (3/9/2021).

Pria berpangkat Bintang Satu TNI ini pun berharap, dengan kehadiran dirinya bersama tim Binda Kalteng, dapat memberikan dukungan moril sekaligus meringankan beban masyarakat dalam menghadapi musibah banjir ini.

"Dalam kondisi bencana, dukungan moril sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak, sembari mendukung langkah-langkah penanganan yang terus dilakukan," tegas Brigjen TNI Sinyo.
Kepala Badan Intelijen Daerah Kalimantan Tengah Brigjen TNI Sinyo (baju merah) saat akan menyerahkan bantuan ke korban banjir di Seruyan, Jumat (3/9/2021). ANTARA/HO-Binda Kalteng

Sementara itu, Kepala Desa Pembuang Hulu I Muhammad Firdaus mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih atas kehadiran Kabinda Kalteng bersama tim. Menurut dia, kehadiran dan bantuan yang diberikan Binda Kalteng, benar-benar bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi korban banjir.

"Saya sebagai Kepala Desa Pembuang Hulu I mengucapkan banyak terimakasih kepada Binda Kalteng yang telah memberikan sumbangan dan bantuan kepada warga kami yang terdampak banjir," kata Firdaus.

Lurah Pangkut, Atan juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih terhadap bantuan kemanusiaan dari Binda Kalteng yang ditujukan kepada masyarakat terdampak musibah banjir di wilayah setempat. Apalagi, bagi dia, bantuan yang diserahkan langsung oleh Kabinda Kalteng itu semakin memberikan semangat luarbiasa bagi masyarakat yang menjadi korban banjir.

Dia mengatakan, sekalipun telah mengetahui situasi dan akses jalan menuju Kelurahan Pangkut mengalami banyak kendala akibat hujan yang terjadi terus menerus, namun tetap datang langsung bahkan memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir.

"Tentunya tidak hanya meringankan beban masyarakat melainkan juga memberi semangat kepada masyarakat, demikian Atan.

Baca juga: BIN: Modus baru terorisme yang harus diwaspadai saat ini