Bupati Seruyan harapkan masyarakat semakin cakap digital

id Pemkab seruyan, kuala pembuang, bupati seruyan, yulhaidir, indonesia makin cakap digital, literasi digital, kecakapan digital, siber kreasi, kalteng

Bupati Seruyan harapkan masyarakat semakin cakap digital

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Kuala Pembuang, Rabu, (8/9/2021). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Masyarakat di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah diharapkan terus meningkatkan pemahaman serta keterampilannya dalam ruang digital.

"Masyarakat kami harapkan semakin cakap digital," kata Bupati Seruyan Yulhaidir di sela webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Kuala Pembuang, Rabu.

Untuk itu masyarakat kabupaten setempat diminta bisa memaksimalkan gerakan nasional literasi digital melalui Program Indonesia Makin Cakap Digital.

Masyarakat diarahkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan dalam program ini guna memperkaya pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki dalam ruang digital.

Adapun kegiatan ini dicanangkan pemerintah pusat dan bertujuan agar masyarakat di seluruh penjuru nusantara, termasuk Kalimantan Tengah semakin cakap digital.

"Masyarakat agar benar-benar bisa memanfaatkannya guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya," terangnya.

Hal ini juga sebagai upaya mewujudkan harapan Presiden Joko Widodo, agar masyarakat semakin cakap dan bisa mendapatkan berbagai manfaat dari perkembangan teknologi informasi di era digital.

Presiden mengharapkan kedepan masyarakat semakin mampu dan bisa membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif dan bermanfaat.

Adapun empat kerangka dalam literasi digital, meliputi keamanan digital, etika digital, kecakapan digital, serta budaya digital.

Empat orang narasumber dalam webinar kali ini, yakni influencer Irfa Dilah membahas tentang budaya digital, Duta Inspirasi Kalteng 2021 Ilsarizqi Rahmadhanti Anfasa membahas tentang etika digital, master of hypnotist Romy Rafael membahas tentang kecakapan digital, serta Direktur Politeknik Seruyan Hermansyah membahas tentang keamanan digital.