Ekspor pertanian peringkat tiga di Indonesia, Kobar raih penghargaan

id Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Nurhidayah, Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kobar raih penghargaan dari Pusat, Kalteng

Ekspor pertanian peringkat tiga di Indonesia, Kobar raih penghargaan

Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah saat menerima penghargaan dari Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin di Istana Negara, Rabu (13/9/2021). ANTARA/HO-Ist

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian, memberikan penghargaan kepada Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Nurhidayah karena menjadikan kabupaten setempat peringkat tiga nasional untuk ekspor komoditas pertanian.

"Adanya penghargaan dari Pemerintah Pusat ini, tidak terlepas dari dukungan serta kekompakan semua elemen di Kotawaringin Barat," kata Nurhidayah di Pangkalan Bun, baru-baru ini.

Orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Marunting Batu Aji itu pun berharap, penghargaan ini semakin memotivasi dirinya bersama jajarannya melakukan inovasi dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kobar dan Indonesia pada umumnya.

"Saya juga mengajak para petani di Kotawaringin Barat untuk terus berinovasi, bersama-sama kita wujudkan ketahanan pangan nasional," kata Nurhidayah.

Penghargaan dari Pemerintah Pusat itu, langsung diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin kepada Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah di Istana Negara, Senin (13/9/2021).

Wapres pun menyampaikan apresiasi kepada para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan tersebut. Sebab, telah berkerja keras meningkatkan pembangunan sektor pertanian, bahkan membuat sampai diekspor.

"Saya berharap Abdi Bakti Tani ini jadi semangat bagi para peraih penghargaan dan jajaran pemda lain, agar lebih berkomitmen menggerakkan roda pembangunan pertanian di daerah masing-masing," kata Ma'ruf.

Baca juga: Bupati komitmen wujudkan Kobar jadi Kota Bebas dari Pungli

Menteri pertanian Sharul Yasin Limpo mengatakan penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat, atas kinerja pemerintah daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi 237 Juta penduduk Indonesia.

Tidak hanya itu, lanjut dia, kerja pemda tersebut berkontribusi besar terhadap peningkatan ekspor produk pertanian, menjaga ketangguhan pertanian dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan meningkatkan keunggulan produk pertanian.

"Pemberian penghargaan ini sekaligus merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2021 yang jatuh pada 24 September 2021," kata Syahrul.

Baca juga: Ratusan pelaku pariwisata di Kobar telah mendapat vaksinasi COVID-19

Baca juga: Bupati Kobar ajak insan perhubungan optimalkan pelayanan transportasi