Bupati Bartim ajak masyarakat terapkan nilai-nilai Pancasila

id Pemkab bartim, barito timur, bupati bartim, ampera ay mebas, hari kesaktian pancasila, pancasila, tamiang layang, kalteng

Bupati Bartim ajak masyarakat terapkan nilai-nilai Pancasila

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas bersama Forkopimda setempat mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara daring di Aula Rumah Jabatan Bupati Bartim di Tamiang Layang, Jumat, (1/10) pagi. (ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengajak seluruh elemen masyarakat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan jadilah teladan tentang pemahaman Pancasila untuk bangkit menjadi tangguh berlandaskan Pancasila,” katanya di Tamiang Layang, Jumat.

Hal itu ia sampaikan usai mengikuti peringati Hari Kesaktian Pancasila di Aula Rumah Jabatan Bupati Barito Timur.

Menurutnya, seluruh elemen masyarakat juga perlu mengenal tentang sejarah dari diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila, untuk membentengi generasi penerus bangsa.

Dijelaskannya, Hari Kesaktian Pancasila diperingati atas terjadinya pemberontakan dengan sebutan G30S/PKI atau Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia yang terjadi pada 1965.

Sejarah yang kelam diharapkan tidak terulang kembali. Generasi bangsa Indonesia yang tangguh berlandaskan Pancasila perlu dipersiapkan, khususnya di Barito Timur.

Kehidupan sosial bermasyarakat di Barito Timur yang memiliki luas 3.834 meter persegi harus terus diperkuat ideologi Pancasila yang telah menunjukkan dan memungkinkan kehidupan manusia berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi walaupun berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai NKRI.

“Kita semua perlu menangkal benih-benih perpecahan seperti radikalisme dan sejenisnya agar tidak ada dan muncul kembali, serta menjadi ancaman bangsa dan negara,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Barito Timur itu mengajak seluruh masyarakat menjadikan momen Hari Kesaktian Pancasila sebagai modal bangkit dari keterpurukan di masa pandemi COVID-19, dengan cara mengamalkan dan melaksanakan nilai-nilai luhur Pancasila.

Nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara yang bisa diamalkan dan dilaksanakan seperti gotong royong, persatuan, empati dan solidaritas antar sesama, hingga segala tantangan dan kesulitan bisa dihadapi dengan ketangguhan dan kebersamaan.

“Tingkatkan rasa nasionalisme, persatuan dan kesatuan, dan jadikan Pancasila sebagai pondasi dalam menghadapi masa sulit di masa pandemi COVID-19 ini,” demikian Ampera AY Mebas.


Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021