Ratusan tenaga medis disiagakan saat upacara pembukaan PON Papua

id PB Pon,kesehatan ,pembukaan pon,siaga,PON,Papua,joko widodo,ambulans,tenaga kesehatan

Ratusan tenaga medis disiagakan saat upacara pembukaan PON Papua

Sebanyak dua mobil mini ICU, lima ambulans untuk evakuasi, dan dua ambulans rujukan. akan siaga selama upacara pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021). (ANTARA/Muhammad Ramdan)

Jayapura (ANTARA) - Ratusan tenaga medis bakal bertugas selama upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, hari ini atau Sabtu.

Mereka akan tersebar di setiap titik arena pembukaan mulai dari pintu masuk, tempat verifikasi, hingga di dalam stadion.

Selain itu, di area stadion juga terdapat Klinik PON XX sebagai tempat perawatan sementara jika terjadi sesuatu selama pesta olahraga terbesar di Indonesia itu berlangsung.

Baca juga: Raffi Ahmad dan sederet artis papan atas meriahkan pembukaan PON Papua

"Khusus untuk pembukaan, sekitar 100 tenaga medis akan bertugas di dalam dan di luar stadion," kata penanggung jawab kesehatan Klinik XX di Kompleks Olahraga Stadion Lukas Enembe, dr. Rindang Pribadi, kepada ANTARA, Sabtu.

"Selama pembukaan PON Papua, di klinik juga akan ada 24 petugas medis termasuk dokter bedah dan dokter spesialis emergency," Rindang menambahkan.

Sebagai langkah antisipasi lainnya, selama penyelenggaraan PON Papua, sambung Rindang, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengirim bantuan dengan menghadirkan kedokteran olahraga dan jantung.

Kemudian saat pembukaan juga akan tersedia fasilitas lainnya seperti dua mobil mini ICU, lima ambulans untuk evakuasi, dan dua ambulans rujukan.

Baca juga: Berkunjung ke masjid tertua hingga terbesar di Merauke

"Terlepas dari situasi apa pun, kami dari tenaga kesehatan harus tetap stand by. Semoga semua kegiatan PON Papua ini berlangsung dengan baik dan tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan," ujar Rindang.

PON Papua akan secara resmi dibuka hari ini oleh Presiden Joko Widodo. Protokol kesehatan ketat akan diberlakukan.

Panitia Besar (PB) PON Papua pun membatasi jumlah penonton yang hadir yakni 25 persen dari kapasitas Stadion Lukas Enembe sebanyak 40.000 penonton.

Baca juga: Dayung sumbang medali pertama Kalteng di PON XX Papua