Tanda dan gejala kecanduan internet secara fisik maupun emosional

id Literasi digital, indonesia makin cakap digital, siberkreasi, kominfo, kasongan, katingan, kalteng

Tanda dan gejala kecanduan internet secara fisik maupun emosional

Gambar tangkapan layar Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Katingan, Sabtu, (23/10/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Kecanduan internet ditandai dengan keasikan yang berlebihan atau kurang terkontrol dalam perilaku penggunaan komputer dan akses internet.

Untuk mengetahui seseorang mengalami kecanduan internet, biasanya dapat diperhatikan dari sejumlah tanda dan gejala dalam manifestasi atau perwujudan fisik serta emosional, kata narasumber Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Katingan, Danang Ono, Sabtu.

"Salah satu tanda dan gejalanya, seseorang sering lupa waktu atau mengabaikan hal-hal mendasar saat mengakses internet terlalu lama," katanya yang merupakan seorang Konsultan Manajemen Risiko tersebut.

Tanda dan gejala lainnya adalah seseorang merasa marah, tegang atau depresasi saat tidak bisa mengakses internet, hingga seringnya berkomentar, berbohong, rendahnya prestasi, menutup diri secara sosial dan kelelahan.

"Biasanya ini merupakan dampak negatif akibat penggunaan internet yang berkepanjangan," paparnya.

Kemudian secara fisik, seseorang biasanya mengalami sakit pinggang, insomnia, serta nutrisi buruk, sakit leher, masalah penglihatan dan lainnya.

Lebih lanjut Danang menjelaskan, kecanduan internet biasanya terjadi karena adanya pengalaman menyenangkan sehingga merangsang produksi dopamin, hal ini mengakibatkan penderita tidak bisa memprioritaskan mana tugas penting dalam hidup.

Hampir sama dengan kecanduan lainnya, mereka yang menderita kecanduan internet menggunakan dunia fantasi virtual untuk terhubung dengan orang-orang melalui internet.

"Kecanduan internet bisa mendatangkan masalah pribadi, keluarga, akademik, keuangan bahkan pekerjaan," ungkapnya.

Mereka yang kecanduan internet biasanya lebih banyak menghabiskan waktu sendirian dibandingkan berinteraksi dengan orang lain dalam kehidupan nyata.

"Maka untuk mencegah seseorang atau diri kita mengalami gangguan kecanduan internet, kuncinya adalah dengan menjaga keseimbangan," tuturnya.

Menjaga keseimbangan dimaksud, yakni membagi porsi waktu yang sesuai antara penggunaan internet dengan aktivitas lainnya. Untuk itu seseorang dianjurkan mencari hiburan di dunia nyata, sediakan waktu bersama keluarga, mengurangi durasi internet sedikit demi sedikit, hingga mengatur prioritas saat berinternet.

"Juga memiliki hobi lain, perbanyak interaksi dengan orang lain di sekitar secara langsung, serta lainnya," kata Danang Ono.