Penggunaan bantuan alsintan di Seruyan harus sesuai kesepakatan

id pengunaan alsintan, Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Benyamin Pasambe, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seru

Penggunaan bantuan alsintan di Seruyan harus sesuai kesepakatan

Anggota DPRD Seruyan Benyamin Pasambe di Kuala Pembuang, ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Benyamin Pasambe meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), agar dalam peraturan bupati (Perbup) terkait penggunaan alat dan mesin pertanian (Alsintan), harus sesuai dengan hal yang sudah disepakati bersama para petani.

"Kita berharap penggunaan alsintan yang dilaksanakan oleh DKPP Seruyan bisa dijalankan sesuai dengan regulasi yang sudah disepakati. Jadi, penggunaannya bisa lebih maksimal," kata Benyamin di Kuala Pembuang, Selasa.

Dikatakan, peraturan perundang-undangan daerah terkait penggunaan alsintan dengan sewa, harus dari hasil musyawarah dan mufakat bersama petani, Dengan begitu, para petani di Bumi Gawi Hantantiring ini, tidak merasa terbebani dengan hal tersebut.

Dia mengatakan keberadaan alsintan ini sangat penting untuk menunjang peningkatan hasil panen. Hal tersebut dikarenakan dengan bantuan alsintan tersebut petani lebih mudah dalam mengelola lahan pertanian.

"Jadi, alsintan ini memang sangat diperlukan para petani, maka dari itu, kegunaannya harus bisa memberikan manfaat bagi petani," ungkapnya.

Dia mengingatkan kepada seluruh petani yang menggunakan fasilitas yang telah disiapkan DKPP Seruyan itu bisa benar-benar dijaga dan digunakan sesuai dengan peruntukannya, sehingga alat tersebut bisa terus dimanfaatkan dengan baik.

Baca juga: DPRD Seruyan harap normalisasi irigasi pertanian diprioritaskan

"Para petani juga harus bisa menjaganya, jangan sampai cuman sekedar memakai saja tapi harus kita perhatikan, sehingga pemanfaatannya dapat dirasakan jangka panjangnya," jelasnya.

Politisi Partai Gerindra menambahkan, hal yang tidak kalah penting yakni solusi untuk memasarkan hasil panen para petani, sehingga mereka tidak kesulitan dalam menjual hasil produksi padi dan tidak dipermainkan para tengkulak yang dapat merugikan petani.

"Dalam pemasaran ini cukup penting dan perlu diperhatikan. Jangan sampai hasilnya melimpah, namun harga padi ataupun gabah turun drastis. Itu berpengaruh terhadap kesejahteraan petani," demikian Benyamin.

Baca juga: Legislator minta pemdes data dan usulkan program bedah rumah

Baca juga: DPRD minta pengelolaan potensi wisata di Seruyan harus lebih maksimal

Baca juga: Legislator Seruyan harapkan optimalisasi pengelolaan aset tingkatkan PAD