Gubernur Kalteng minta pemda pacu serapan anggaran

id Pemprov Kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, serapan anggaran, triwulan kedua, pangkalan bun, kotawaringin barat, penjabat bupati kobar anang d

Gubernur Kalteng minta pemda pacu serapan anggaran

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat rapat terbatas bersama Pemkab Kobar di Pangkalan Bun, Kamis, (2/5/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta seluruh pemerintah kabupaten dan kota memacu serapan anggaran khususnya menjelang akhir triwulan kedua pada 2022 ini.
 
"Semoga di triwulan dua pada 2022 ini sudah bisa menyentuh 50 persen, alangkah baiknya bisa menyentuh di 60 persen serapan anggarannya," kata Sugianto di Pangkalan Bun, Kamis.
 
Hal itu ia sampaikan di sela rapat terbatas bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat. Dia mengatakan, dirinya beserta jajaran akan mengunjungi masing-masing kabupaten dan kota untuk memacu dan mendorong percepatan pembangunan daerah.
 
"Ini harus kita jaga agar perputaran ekonomi di seluruh wilayah Kalteng berjalan cepat sehingga berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Baca juga: Pemprov pastikan kebutuhan hewan kurban di Kalteng terpenuhi
 
Lebih lanjut Sugianto menjelaskan, untuk Kotawaringin Barat, belum lama ini baru saja Penjabat Bupati dilantik pasca berakhirnya masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat periode sebelumnya.
 
Untuk itu pihaknya sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, ingin melakukan konsolidasi bersama kabupaten, di antaranya agar pemanfaatan anggaran lebih terarah.
 
"Setiap perencanaan dan setiap apa pun yang dibangun kami harapkan berdasarkan asas manfaat bagi daerah maupun masyarakat," tuturnya.
 
Sugianto juga menjabarkan, melalui kunjungan kerjanya, pihaknya ingin meninjau secara langsung kondisi pembangunan di daerah, baik pada sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan lainnya.
 
Sementara itu Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Anang Dirjo menyampaikan, pihaknya siap menindaklanjuti berbagai arahan Gubernur Kalteng dalam rangka percepatan pembangunan khususnya di kabupaten setempat.
 
"Kami akan mengevaluasi serta melaksanakan berbagai program dan kegiatan pembangunan, utamanya yang berdampak kepada kemajuan daerah sehingga hasilnya benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tutupnya.

Turut hadir dalam rapat terbatas tersebut Sekda Kalteng Nuryakin, jajaran perangkat daerah lingkup provinsi, maupun jajaran perangkat daerah lingkup kabupaten setempat.

Baca juga: JCH Kalteng diminta persiapkan diri menghadapi potensi cuaca ekstrem

Baca juga: Pemprov Kalteng gagas pengembangan ekowisata terintegrasi di perairan

Baca juga: Stunting di Kalteng ditargetkan turun menjadi 15,38 persen pada 2024