Stunting di Kalteng ditargetkan turun menjadi 15,38 persen pada 2024

id Pemprov kalteng, stunting kalteng, penurunan stunting, stunting 2024 kalteng jadi 15,38 persen, 8 aksi konvergensi, 8 aksi kp2s, kalteng, gagal tumbuh

Stunting di Kalteng ditargetkan turun menjadi 15,38 persen pada 2024

Dokumentasi-Anak-anak tampak menikmati waktu bersantai di salah satu tempat wisata di Palangka Raya belum lama ini. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus melakukan intervensi terhadap angka stunting (gagal tumbuh) di daerah setempat, hingga pada 2024 mendatang turun menjadi 15,38 persen.
 
Berdasarkan Keputusan Menteri PPN/Kepala Bappenas RI tentang penetapan perluasan kabupaten/kota lokasi fokus intervensi penurunan stunting terintegrasi 2022, semua kabupaten/kota se-Kalteng ditetapkan sebagai lokus intervensi stunting 2022, kata Staf Ahli Gubernur Kalteng Herson B Aden di Palangka Raya, Senin.
 
"Dengan ditetapkannya 14 kabupaten/kota sebagai lokus percepatan penurunan stunting, diminta untuk melaksanakan aksi integrasi delapan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting dan sesuai jadwal dari pemerintah pusat," tegasnya.
 
Dia memaparkan, saat ini kabupaten/kota sudah melaksanakan aksi ketiga yaitu rembuk stunting dan akan memasuki pelaksanaan aksi keempat penetapan peraturan bupati/wali kota sebagai rujukan bagi pemerintah desa dalam merencanakan dan mengalokasikan anggaran dari APBDes, untuk melaksanakan kegiatan integrasi intervensi penurunan stunting di tingkat desa.
 
Untuk itu diperlukan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas melalui koordinasi, sinergi dan sinkronisasi antara pemerintah daerah, perguruan tinggi, pihak swasta, masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat dalam upaya percepatan penurunan stunting.
 
"Juga dibutuhkan inovasi-inovasi daerah dengan didukung anggaran yang memadai, sebagai bagian dari urusan wajib pelayanan dasar," tegasnya.

Baca juga: PKK Kalteng terus tingkatkan pelayanan masyarakat tekan angka stunting
 
Menurutnya penanganan stunting di Kalteng selama ini sudah dilakukan dengan sangat baik, terbukti dari rilis Menteri Kesehatan RI pada 27 Desember 2021, yaitu Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021, Kalteng berhasil menurunkan angka stunting dari 32,3 persen pada 2020 menjadi 27,4 persen.
 
Untuk itu Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyampaikan penghargaan dan mengapresiasi tim percepatan penurunan stunting yang melakukan koordinasi, pembinaan dan monev terhadap pelaksanaan delapan aksi konvergensi tersebut.
 
"Kami juga mengapresiasi Tenaga Ahli LGCB-ASR (Local Goverment Capacity Building Acceleration Of Stunting Reducation) Tim INEY regional 4 wilayah Kalimantan yang selama ini setia dan bekerja keras memfasilitasi, mengasistensi dan mengadvokasi, serta melakukan pendampingan terhadap integrasi intervensi percepatan penurunan stunting pada kabupaten lokus," tutupnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya perkuat peran keluarga dalam cegah stunting

Baca juga: Optimalkan pangan lokal penuhi gizi balita dan ibu hamil

Baca juga: Menyusui anak hingga umur 24 bulan berkontribusi turunkan kekerdilan