Optimalkan pangan lokal penuhi gizi balita dan ibu hamil

id Pemkab sukamara, pangan lokal, stunting, gagal tumbuh, sekda sukamara rendi lesmana, sukamara, kalteng

Optimalkan pangan lokal penuhi gizi balita dan ibu hamil

Sekda Sukamara Rendi Lesmana dan lainnya saat acara edukasi dan advokasi dalam pencegahan dan penanganan stunting di Aula Kantor Bupati, Selasa, (24/5/2022). (ANTARA/Lalang)

Sukamara (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Sukamara, Kalimantan Tengah Rendi Lesmana menyampaikan, pemanfaatan pangan lokal sangat diperlukan dalam pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita guna menambah asupan gizi.
 
“Pemanfaatan pangan lokal ini sebagai PMT tentu sangat diperlukan guna mencapai status gizi yang baik,” jelas Rendi di Sukamara, Selasa.
 
Selain itu, penggunaan pangan lokal juga untuk melestarikan bahan makanan khas yang dihasilkan suatu daerah. Oleh sebab itu, edukasi dalam pencegahan dan penanganan stunting serta pemanfaatan bahan pangan lokal sangat diperlukan.
 
“Saat ini permasalahan gizi merupakan yang utama di Indonesia adalah stunting hingga obesitas. Untuk itu, asupan gizi ibu hamil dan balita harus diperhatikan, guna menanggulangi masalah gizi yang masih menjadi masalah utama,” imbuhnya.

Baca juga: Pemkab Sukamara pastikan tak ada hewan ternak terpapar PMK
 
Ia mengatakan, pemerintah juga memberikan dukungan serta membuat strategi-strategi baru untuk pembangunan khususnya perbaikan gizi masyarakat. Selain itu perlu ada intervensi lebih lanjut agar persoalan gizi bisa dituntaskan, dengan begitu masyarakat Sukamara memiliki gizi baik.
 
“Saya juga mengimbau pemerintahan di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa mendukung secara penuh penggulangan dan pencegahan stunting, serta masalah gizi lainya, termasuk pemanfaatan pangan lokal untuk PMT di posyandu atau skala rumah tangga wilayah masing-masing,” tegasnya.
 
Dia menjelaskan, dalam peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 lalu, juga telah dilaksanakan lomba cipta menu isi piringku berbasis pangan lokal yang diikuti kader posyandu dengan sangat antusias.
 
"Saya mengajak seluruh masyarakat khususnya di Sukamara bekerja sama memerangi stunting hingga obesitas, melalui pemenuhan asupan gizi dengan PMT lokal yang tersedia di sekitar kita, karena pemenuhan gizi merupakan hak bagi setiap orang,” tutupnya.

Baca juga: Bupati Bartim minta kades persiapkan BUMDes yang lebih baik

Baca juga: Pemkab dorong generasi muda perkuat literasi digital

Baca juga: Bupati Sukamara: Pelaksanaan TMMD tingkatkan kesejahteraan dan roda ekonomi warga