Bupati Bartim minta kades persiapkan BUMDes yang lebih baik

id Pemkab bartim, bupati ampera ay mebas, kunjungan kerja, sukamara, bumdes, badan usaha milik desa, tamiang layang, bartim, kalteng

Bupati Bartim minta kades persiapkan BUMDes yang lebih baik

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas memberi sambutan saat kunjungan kerja kaji banding ke Pemkab Sukamara terkait BUMdes di Sukamara, Kamis. (19/5/2022). (ANTARA/Lalang)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas memberikan tugas kepada para kepala desa mempersiapkan Badan Usaha Milik Desa yang lebih baik untuk meningkatkan perekonomian.
 
“Supaya BUMDes bisa bersaing dan menjadi sumber pendapatan desa,” kata Ampera dihubungi dari Tamiang Layang, Kamis.
 
Karena itu, tambahnya, Pemkab Bartim mengajak Tim Ekonomi Kerakyatan Barito Timur dan sejumlah kepala desa dalam kunjungan kerja ke Kotawaringin Timur, Lamandau dan Sukamara.
 
Dijelaskan Ampera, BUMDes perlu dilibatkan dalam transformasi ekonomi di desa sebagai salah satu sarana pendorong ekonomi pedesaan. BUMDes juga perlu bertransformasi merambah pasar-pasar global dan ekspor.
 
“Presiden Joko Widodo telah menyampaikan itu saat rapat koordinasi BUMDes beberapa waktu lalu,” terangnya.

Baca juga: Tiga tahun tak berfungsi, Lampu lalu lintas A Yani-Nansarunai Bartim diperbaiki
 
Ditegaskan Ampera, pihaknya terus berupaya mendorong masyarakat membangun dan menjadikan desa sebagai basis kegiatan ekonomi produktif yang memacu pertumbuhan usaha-usaha baru yang dibutuhkan di masyarakat.
 
Usaha itu bisa bergerak di sektor pertanian, perindustrian, konstruksi, pertambangan, produk UMKM maupun lainnya. Salah satu desa di Barito Timur telah membuat kemajuan dengan membangun BUMDes Mart.
 
“Saya juga berharap agar apa yang didapati di Sukamara ini bisa menjadi bahan informasi dan pengetahuan untuk mengembangkan BUMDes di Bartim,” terang Ampera.
 
Pemkab Bartim juga akan mendorong BUMDes yang ada di kabupaten setempat untuk bisa bekerja sama dengan pihak-pihak perusahaan yang yang ada di wilayah sekitar.
 
“Di Barito Timur juga akan segera terbentuk BUMDes Bersama,” demikian Ampera AY Mebas.
 
Kunjungan kerja kaji banding Pemerintah Kabupaten Barito Timur dipimpin langsung Ampera didampingi sejumlah kepala dinas dan kepala desa. Kedatangan mereka diterima langsung Bupati Sukamara Windu Subagio beserta jajaran.

Baca juga: Hasil panen padi di Patangkep Tutui memuaskan

Baca juga: Bupati Bartim: Raihan WTP berkat kinerja optimal pejabat dan jajaran

Baca juga: Usai periksa kesehatan, jamaah calon haji Bartim segera ikut bimbingan manasik