Kotawaringin Barat dapat kucuran pendidikan Rp1,6 miliar lebih

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, bantuan pendidikan kalteng berkah, penjabat bupati kobar anang dirjo

Kotawaringin Barat dapat kucuran pendidikan Rp1,6 miliar lebih

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) menyerahkan bantuan secara simbolis Akses Pendidikan Kalteng Berkah untuk Kabupaten Kotawaringin Barat yang diterima Pj Bupati Anang Dirjo, Pangkalan Bun, Kamis, (2/6/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menerima bantuan berupa Akses Pendidikan Kalteng Berkah yang diperuntukkan bagi SMA, SMK dan SLB mencapai Rp1,6 miliar lebih.
 
"Ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik 2022," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Pangkalan Bun, Jumat.
 
Tak hanya Kotawaringin Barat, kabupaten dan kota lainnya di Kalteng juga mendapatkan bantuan akses pendidikan serupa, dengan besaran alokasi anggaran yang menyesuaikan kebutuhan daerah.
 
Gubernur berharap dengan adanya dukungan pemerintah melalui dana akses pendidikan ini, sarana prasarana pendidikan di daerah semakin meningkat, serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.
 
Hal ini juga sekaligus sebagai upaya pemerataan kualitas pendidikan di Kalteng, baik di wilayah perkotaan maupun perdesaan melalui peningkatan sarpras penunjang yang diperlukan.
 
 
 
Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Ahmad Saifudi menambahkan, alokasi anggaran berupa Akses Pendidikan Kalteng Berkah, di antaranya untuk peningkatan sarpras SMA, SMK dan SLB.

Baca juga: Konsorsium perusahaan di Kobar telah tangani jalan sepanjang 450 km
 
"Misalnya membangun ruang praktik, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium dan lainnya, menyesuaikan kebutuhan masing-masing sekolah," terangnya.
 
Selain itu apabila ada sekolah yang memerlukan rehab bangunan, maka bisa dibantu pembangunannya melalui dana ini. Dia juga menjabarkan bantuan ini tak hanya untuk Kotawaringin Barat, namun juga kepada masing-masing kabupaten lainnya.
 
Dia menjabarkan, sektor pendidikan menjadi salah prioritas pembangunan oleh Gubernur Sugianto Sabran. Sebab peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor sangat penting untuk meningkatkan daya saing daerah.
 
Adapun keseriusan pemprov di sektor pendidikan, selain dari peningkatan SDM maupun sarpras, juga dapat dilihat dari kucuran bantuan dana untuk mendukung praktik kerja industri (prakerin) SMK tahun 2022 dengan total keseluruhan mencapai Rp637 juta lebih.
 
Prakerin SMK merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan serta pembelajaran bagi para siswa yang dilaksanakan langsung di lingkungan dunia usaha maupun industri, berkaitan kompetensi siswa sesuai bidang yang dipilih. Diharapkan bantuan yang disalurkan tersebut mendukung pelaksanaan prakerin SMK agar berjalan sukses dan lancar.

Baca juga: Gubernur Kalteng minta pemda pacu serapan anggaran

Baca juga: Dinyatakan bebas Frambusia, Pemkab Kobar terima sertifikat dari Kemenkes

Baca juga: Pj Bupati minta OPD di Kobar lebih fokus menggali dan meningkatkan PAD