Legislator Gunung Mas: Kebijakan pembangunan harus memberi manfaat bagi masyarakat

id Dprd gunung mas, untung jaya bangas, kua ppas, pembangunan gunung mas, kuala kurun, gumas

Legislator Gunung Mas: Kebijakan pembangunan harus memberi manfaat bagi masyarakat

Legislator Kabupaten Gunung Mas, Untung Jaya Bangas.  ANTARA/Chandra

kebijakan yang disusun Pemkab Gunung Mas harus benar-benar dirasakan manfaatnya dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Kuala Kurun (ANTARA) -
Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Untung Jaya Bangas mengingatkan pemerintah kabupaten yakni penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2023 harus terus berkembang.
 
Terlebih pada 2023 mendatang merupakan tahun keempat masa kepemimpinan Bupati Jaya S Monong dan Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, kata Untung di Kuala Kurun, Selasa.
 
“DPRD dan Pemkab Gunung Mas sejak beberapa hari lalu membahas rancangan KUA dan PPAS 2023. Dari situ saya nilai banyak kebijakan yang masih monoton,” sambungnya.
 
Dia menyebut, Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas memiliki program unggulan yakni smart agro, smart tourism, dan smart human resources atau pertanian, pariwisata, dan sumber daya manusia yang unggul.

Baca juga: Ketua DPRD Gunung Mas apresiasi belasan perempuan ikut pilkades
 
Pada tahun-tahun awal kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas, tutur dia, kebijakan yang disusun tentu merupakan dasar dalam mendukung program tiga smart tadi.
 
Namun memasuki tahun keempat kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas seyogyanya kebijakan yang disusun hendaknya mengalami kemajuan dan tidak monoton seperti tahun-tahun sebelumnya.
 
“Artinya kebijakan 2023 itu jangan seperti awal tahun (kepemimpinan Jaya-Efrensia), namun bagaimana eksekusi hasil dari yang sudah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya,” papar politisi Partai Demokrat ini.
 
Lebih lanjut, dia menyadari pandemi COVID-19 mempengaruhi jalannya roda pembangunan. Namun hal itu tidak bisa dijadikan alasan yang mendasar, karena beberapa program dan kegiatan tetap dianggarkan.
 
Selain itu, kebijakan yang disusun Pemkab Gunung Mas harus benar-benar dirasakan manfaatnya dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.
 
“Kalau saya nilai program tiga smart ini tidak optimal. Program ini jangan hanya dilakukan di dalam lingkup perangkat daerah saja, namun harus dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” demikian Untung.

Baca juga: Legislator Gunung Mas dorong OPD pacu realisasi serapan anggaran

Baca juga: Wabup Gunung Mas fokus jalankan tugas dan kesampingkan politik

Baca juga: Pemkab Gumas janjikan perbaikan Jembatan Konjoi segera selesai