Ketua DPRD: Pentingnya kenalkan nilai-nilai Pancasila ke anak sejak dini

id Pancasila,Kalteng,Palangka Raya,Ketua DPRD Palangka Raya,Paham-Paham,Ketua DPRD: Pentingnya kenalkan nilai-nilai Pancasila ke anak sejak dini

Ketua DPRD: Pentingnya kenalkan nilai-nilai Pancasila ke anak sejak dini

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengatakan pentingnya memperkenalkan nilai-nilai Pancasila ke anak sejak dini agar ideologi mereka kuat.

"Di dalam pemahaman Pancasila itu terdapat lima nilai-nilai yang sangat tinggi, yakni seperti Ketuhanan, Kemanusiaan, Musyawarah, Persatuan serta nilai sosial," kata Sigit kepada awak media di Palangka Raya, Rabu.

Orang nomor satu di lingkup DPRD Kota Palangka Raya tersebut menuturkan, Pancasila tentunya sebagai lambang dasar negara Indonesia yang sudah teruji sampai sekarang.

Bahkan Pancasila juga sudah menjadi aktualisasi dan reaktualisasi dari bangsa, maka dari itu masyarakatnya juga wajib mempedomani butir-butir Pancasila tersebut.

"Maka dari itu agar negara ini kuat dan tidak mudah diganggu paham-paham asing, maka sejak dini anak-anak kita wajib dikenalkan yang namanya dasar negara (Pancasila) itu," ucapnya.

Sigit yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) tersebut menambahkan, dengan mempedomani dan mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada anak usia dini maka generasi penerus bangsa ini akan selalu respek.

Kemudian mereka juga nantinya akan selalu empati dan simpati di tengah kehidupan yang selama ini di Indonesia berbagai macam ragam. Terlebih Pancasila telah teruji melintasi zaman, bahkan kemampuan menjawab tantangan bangsa ke depan.

"Bagi saya Pancasila sudah menjadi aktualisasi dan reaktualisasi dari bangsa, sehingga hal tersebut harus dipedomani dan diajarkan kepada anak usia dini," bebernya.

Ditambahkan Sigit yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalteng, terkait informasi dan pendidikan dapat menjadi hal terpenting untuk menanggulangi masuknya paham-paham yang selama ini berseberangan dengan Pancasila.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang sangat pesat ini, informasi dapat menjadi pintu segala penyimpangan paham-paham yang ingin merubah ideologi negara.

"Mari kita bersama selaku anak bangsa merawat Pancasila di negara ini terkhusus di Kota Palangka Raya. Terus kuatkan kembali pendidikan Pancasila dengan tujuan menangkal penyimpangan paham yang dapat melemahkan persatuan serta kesatuan bangsa," demikian Sigit K Yunianto.