Promosikan pariwisata, Kamipang gelar lomba balap ketinting

id Promosikan pariwisata, Kamipang gelar lomba balap ketinting, kalteng, katingan, kasongan

Promosikan pariwisata, Kamipang gelar lomba balap ketinting

Camat Kamipang Kabupaten Katingan, Ade Irwan. ANTARA/HO-Kecamatan Kamipang

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah akan menggelar lomba balap perahu ketinting pada 3-4 September 2022 sebagai rangkaian memeriahkan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Katingan dan HUT ke-77 Republik Indonesia.

"Tujuan diselenggarakannya lomba ketinting ini adalah untuk mempromosikan dan mengangkat pariwisata yang ada di Kecamatan Kamipang," kata Camat Kamipang, Ade Irwan di Kasongan, Senin.

Dia menjelaskan di wilayah Kecamatan Kamipang yang terdiri dari sembilan desa memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk didatangi, diantaranya Danau Bulat di Desa Jahanjang. Tempat wisata ini cukup dikenal masyarakat karena memiliki pemandangan yang indah.

Kamipang juga mempunyai tempat wisata yang sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara. Destinasi wisata itu adalah Alam Punggu Alas yang terletak di Desa Karuing.

Di tempat ini wisatawan dimanjakan dengan pemandangan hutan yang masih asri dan bisa melihat tingkah laku orangutan di habitat aslinya.

"Selain mempromosikan pariwisata, kegiatan tersebut bertujuan juga untuk mengangkat ekonomi masyarakat serta memperkenalkan potensi lain yang ada," ucapnya.

Baca juga: Kapolres Katingan: HUT RI momentum Indonesia pulih lebih cepat

Dikatakannya, untuk penginapan para peserta lomba ketinting, tim serta penonton yang berasal dari daerah lain akan disediakan rumah-rumah warga. Begitu juga dengan keperluan lain seperti makan dan minum akan diberdayakan warga sekitar.

Pendaftaran peserta lomba ketinting telah dibuka sejak 1 Agustus dan ditutup pada 27 Agustus 2022. Lomba tersebut terbuka untuk umum, baik dari kabupaten/kota di Kalimantan Tengah maupun provinsi tetangga.

Lomba ketinting tersebut melombakan dua kategori yakni kelas tune up dan kelas standar. Untuk kelas tune up, ketinting memiliki kriteria diantaranya batas maksimal piston 94 HP, basic satu silender, koq dan pengapian bebas.

Persyaratan kelas standar diantaranya diwajibkan mesin bawaan pabrikan, tidak boleh pasang metal, tanpa modifikasi, knalpot standar, kop tidak bisa diubah, CDI standar dan piston bawaan mesin.

"Ayo datang ke Kamipang, ikuti lomba bergensi ini yang akan menjadi agenda tahunan. Anda akan kami sambut dengan seni dan budaya serta kuliner khas daerah Kamipang. Kami tunggu kedatangannya," demikian Ade Irwan.

Baca juga: Bupati Katingan berharap Paskibraka sukses menjalankan tugas

Baca juga: Berikut harapan bupati kepada kades hingga damang di Katingan

Baca juga: Pemkab-PBSI gelar kejuaraan bulu tangkis Bupati Katingan Cup 2022