Wabup Gunung Mas ingatkan penerima gunakan BLT BBM sesuai kebutuhan

id BLT BBM di Gunung Mas, Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing, Gunung Mas, Gumas, Kalteng, Kabupaten Gunung Mas, penerima BLT

Wabup Gunung Mas ingatkan penerima gunakan BLT BBM sesuai kebutuhan

Wabup Gunung Mas Efrensia LP Umbing saat memberi keterangan kepada awak media di Kuala Kurun, Selasa (13/9/2022). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing menyambut baik telah mulai disalurkannya Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM), dari pemerintah pusat  kepada ribuan warga kategori tidak mampu yang ada di wilayah setempat.

"Saya ingatkan kepada KPM agar menggunakan BLT BBM sesuai kebutuhan," ucap Efrensia yang didampingi Kepala Dinas Sosial Gunung Mas Jhonson Ahmad di Kuala Kurun, Selasa.

Dia yakin KPM akan menggunakan BLT BBM dengan sebaik-baiknya, namun tidak ada salahnya dirinya kembali mengingatkan KPM agar menggunakan BLT BBM untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas ini menyebut, jangan sampai KPM malah menggunakan BLT BBM untuk membeli barang di luar kebutuhan sehari-hari, terlebih untuk hal-hal negatif.

Lebih lanjut, dia memperkirakan penyesuaian harga BBM akan berdampak pada kenaikan harga-harga komoditas. Oleh sebab itu, BLT BBM akan sangat membantu bagi KPM dalam memenuhi kebutuhan hidup.

"BLT BBM kami harapkan dapat menjadi penguat bantalan sosial, agar KPM bisa segera beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi, terutama kenaikan harga komoditas yang akan mempengaruhi daya beli KPM," kata Efrensia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Gunung Mas, Jhonson Ahmad menjelaskan bahwa berdasarkan data yang disampaikan oleh Kantor Pos Kuala Kurun, ada 2.004 KPM di wilayah setempat yang menerima BLT BBM dari Kemensos.

Baca juga: Harga bahan pokok di Gumas masih stabil

Mantan Camat Miri Manasa ini menyebut, 2.004 KPM penerima BLM BBM tadi tersebar di 12 kecamatan yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

KPM yang menerima BLT BBM, sambung dia, ditetapkan langsung oleh Kemensos berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sedangkan untuk penyaluran bantuan dilakukan oleh Kantor Pos.

"Tidak menutup kemungkinan jumlah KPM penerima BLT BBM dari Kemensos tadi bertambah. Jika KPM penerima BLT BBM bertambah, maka bantuan juga akan disalurkan melalui Kantor Pos," demikian Jhonson.

Baca juga: Warga Gunung Mas diminta tetap waspada meski banjir berangsur surut

Baca juga: Pelaku IKM diajak maksimalkan keberadaan showroom Dekranasda Gunung Mas