Disnakertrans Kotim buka pelatihan TIK gratis dan dapat uang transportasi

id Disnakertrans Kotim buka pelatihan TIK gratis dan dapat uang transportasi, kalteng, sampit, kostum, Kotawaringin Timur, inflasi, disnakertrans kotim

Disnakertrans Kotim buka pelatihan TIK gratis dan dapat uang transportasi

Ilustrasi. Seorang peserta seleksi tenaga kontrak mendokumentasikan namanya yang tertera di daftar peserta. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menggelar pelatihan kejuruan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara gratis, bahkan peserta akan mendapat uang transportasi. 

"Bagi yang berminat, kami sarankan segera mendaftar karena kuotanya terbatas. Ini sangat bermanfaat sebagai bekal memulai usaha maupun untuk mencari pekerjaan," kata Kepala Disnakertrans Kotawaringin Timur HM Fuad Sidiq di Sampit, Jumat. 

Pendaftaran pelatihan tenaga kerja berbasis masyarakat tahun 2022 sudah resmi dibuka. Pelatihan dibuka untuk dua paket sub kejuruan TIK yaitu Office Tool dan Multimedia dengan kuota peserta masing-masing 10 orang. 

Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga kerja yang mencakup peningkatan pengetahuan dan keterampilan dengan bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang sesuai dengan bidang kejuruannya.

"Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga kerja di Kabupaten Kotawaringin Timur yang langsung dilatih oleh instruktur yang berkompeten di bidangnya, sehingga akan berdampak pada meningkatnya kualitas SDM dan menciptakan tenaga kerja mandiri yang produktif, khususnya bagi peserta pelatihan," harap Fuad Sidiq. 

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja pada Disnakertrans Kotawaringin Timur, Erwati menambahkan, Kotawaringin Timur patut bersyukur atas rencana penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini, mengingat kondisi kemampuan keuangan daerah yang masih sulit. 

Pelatihan ini wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang tetap berupaya untuk terus mendukung dan menjalankan program-program pemerintah di bidang ketenagakerjaan. 

"Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi mengingat dampak pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat kita," ujar Erwati. 

Baca juga: Banjir masih merendam 26 desa di Kotim

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Seksi Pelatihan Tenaga Kerja dan Pemagangan Dalam dan Luar Negeri, Sugoro menginformasikan, tahun 2022 ini Disnakertrans Kotawaringin Timur terus berupaya menurunkan angka pengangguran dengan meningkatkan kualitas kompetensi tenaga kerja. 

Beberapa waktu yang lalu Disnakertrans telah melaksanakan program pemagangan sebanyak enam paket dengan jumlah peserta 60 orang yang ditempatkan di perusahaan-perusahaan sesuai dengan kejuruan yang diprogramkan. Anggaran kegiatan tersebut bersumber dari APBD Provinsi Kalimantan Tengah. 

Saat ini Disnakertrans Kotawaringin Timur kembali melaksanakan dua paket kegiatan Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi yakni program pelatihan berbasis masyarakat. Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan pada minggu ke dua atau ke tiga Oktober 2022 dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Kotawaringin Timur tahun anggaran 2022. 

Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung ke Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotawaringin Timur di Jalan Jenderal Sudirman Km 0,5 Sampit, pada setiap hari kerja yakni Senin hingga Jum’at. Pendaftaran juga bisa secara daring melalui link https://forms.gle/GwuSP4Gu6KspeR7t6.
 
Pelamar diminta memenuhi persyaratan yang ditetapkan yaitu fotokopi KTP dan kartu keluarga sebanyak dua lembar, pasfoto berwarna sebanyak empat lembar, fotokopi ijazah terakhir satu lembar, serta melampirkan sertifikat atau surat pengalaman kerja jika ada. 

Waktu kegiatan pemagangan berlangsung selama lima hari yang rencananya dilaksanakan pada 10 hingga 14 Oktober 2022. Kegiatan akan dilaksanakan di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang menjadi mitra pelatihan pemerintah daerah Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Fasilitas yang diberikan kepada peserta yakni pendaftaran gratis tanpa dipungut biaya, perlengkapan peserta yaitu TK dan seragam peserta, sertifikat pelatihan atau surat keterangan telah mengikuti pelatihan serta uang transportasi," ucap Sugoro. 

Disnakertrans berharap masyarakat memanfaatkan program ini. Hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada panitia yaitu Sugoro Daru Pradibyo di nomor 085221828465 atau Reza Fitrio di nomor 0823 4965 9081.

Baca juga: Pemkab Kotim bangun jembatan sementara yang ambruk akibat banjir

Baca juga: Anggota komunitas rentan dan marginal di Kotim terharu dibantu mendapatkan hak

Baca juga: Bupati Kotim instruksikan pemeriksaan kepatuhan ASN membayar PBB