DPRD minta tanggul tambak nelayan budi daya ditinggikan

id Dprd seruyan, harsandi, tanggul pembudi daya ikan seruyan, sungai udang, seruyan hilir, kuala pembuang, budi daya ikan, seruyan

DPRD minta tanggul tambak nelayan budi daya ditinggikan

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Harsandi. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Harsandi mengatakan, salah satu solusi mencegah jebolnya tambak masyarakat nelayan budi daya akibat banjir rob atau air laut meluap ke daratan adalah meninggikan tanggul tambak itu sendiri.
 
“Memang saat banjir rob biasanya air laut meluap ke daratan hingga di daerah pertambakan budi daya nelayan, apabila tanggulnya tinggi, dapat mencegah terjadinya kejebolan,” kata Harsandi di Kuala Pembuang, Senin.
 
Dia mengatakan, hal ini dikarenakan sejumlah masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai nelayan budi daya di Desa Sungai Udang, Kecamatan Seruyan Hilir meminta dicarikan solusi agar tambak mereka tidak jebol saat banjir rob melanda. Lanjut dia, hal tersebut harus segera diatasi karena sangat berdampak bagi kesejahteraan nelayan budi daya.
 
“Karena saat reses, ada masyarakat yang meminta dicarikan solusi supaya tambak mereka itu tidak jebol saat banjir rob datang. Meskipun saya bukan orang perikanan, tapi saya juga sudah berkomunikasi dengan beberapa pihak, untuk masalah banjir rob ini memang tergantung dari tanggul,” jelasnya.

Baca juga: DPRD Seruyan minta Dishub mendata jumlah sopir angkutan
 
Politisi Partai Golongan Karya itu menambahkan, saat dirinya mengerjakan penggarapan tambak masyarakat di wilayah setempat juga membuat tanggul yang cukup besar. Hal tersebut dilakukan karena dia ingin saat diprediksi terjadi banjir rob, tambak-tambak masyarakat sudah selesai dan tidak jebol lagi.
 
Sementara itu, tanggul-tanggul tambak masyarakat sebelumnya masih kecil, sehingga saat dihantam banjir rob menjadi hancur dan membuat tambak masyarakat jebol.
 
"Dengan dibuat tanggul yang besar seperti itu, diharapkan tambak masyarakat dapat bertahan 7 sampai 10 tahun," terangnya.

Baca juga: DPRD bentuk Tim Pansus Pengawasan Distribusi BBM Subsidi

Baca juga: Ribuan warga Seruyan lakukan aksi damai tuntut realisasi plasma

Baca juga: Wakil Gubernur Surat Thani Thailand studi model perkebunan kelapa sawit Seruyan