Pemprov Kalteng ajak generasi muda memperdalam nilai-nilai Pancasila

id Hari kesaktian pancasila, pemprov kalteng, nilai-nilai pancasila, palangka raya, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng ajak generasi muda memperdalam nilai-nilai Pancasila

Parade dan ikrar kebangsaan di kawasan Tugu Soekarno Palangka Raya, Sabtu, (1/10). (ANTARA/Makna)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengajak generasi muda untuk memperdalam nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
 
Pemahaman menyeluruh terkait esensi nilai-nilai Pancasila, menjadi agenda vital yang harus diupayakan untuk diperdalam, terutama oleh generasi muda sebagai pemegang kepemimpinan di masa depan, kata Staf Ahli Gubernur (SAG) Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko di Palangka Raya, Sabtu.
 
"Selaras dengan hal tersebut, menghayati nilai-nilai Pancasila berarti mampu untuk saling hormat-menghormati, bersikap adil kepada sesama, maupun menerapkan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat,” katanya saat mewakili Gubernur Sugianto Sabran.
 
Adapun dalam menyambut dan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Forum Ormas, pemuda, mahasiswa, dan pelajar menggelar pawai atau parade dan ikrar kebangsaan di kawasan Tugu Soekarno Palangka Raya.
 
Lebih lanjut dia menyampaikan, Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum yang sarat sejarah bangsa. Oleh karenanya menjadi kewajiban semua untuk meneruskan perjuangan para pendahulu.
 
“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum untuk semakin menghayati nilai-nilai yang ada di dalamnya,” tuturnya.

Baca juga: Pemprov-MES Kalteng bersinergi perkuat ekonomi masyarakat
 
Yuas menjabarkan, pembentukan paradigma yang tepat terhadap dasar negara Pancasila penting dilakukan, seiring dengan derasnya arus globalisasi serta masuknya ideologi yang tidak sesuai dengan nilai maupun budaya Indonesia.
 
Untuk itu, momentum Hari Kesaktian Pancasila, diharapkan menjadi salah satu media untuk saling terhubung antara satu dengan lainnya, sehingga tercipta sikap saling pengertian dan saling menghormati.
 
Kerukunan dan kedamaian yang selama ini telah dijiwai oleh masyarakat Kalteng agar dapat terus tumbuh dan terpelihara, sehingga iklim sosial yang harmonis senantiasa terjaga.
 
“Saya mengajak semua yang hadir senantiasa menjunjung tinggi toleransi, semangat kebersamaan, dan persaudaraan, agar tercipta persatuan dan kesatuan yang erat yang melahirkan sinergi serta berimplikasi pada kelancaran pembangunan pada berbagai sektor," jelasnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng maksimalkan kegiatan pendukung pergerakan ekonomi daerah

Baca juga: Pemprov-KPK bersinergi dalam penguatan KAD Antikorupsi Kalteng

Baca juga: Dislutkan Kalteng uji hasil tambak wilayah pesisir pastikan keamanan budi daya