BPBD Murung Raya latih warga Karang Taruna sigap tanggulangi bencana

id BPBD Murung Raya latih warga Karang Taruna sigap tanggulangi bencana, kalteng, mura, murung Raya, perdie m yoseph, hermon

BPBD Murung Raya latih warga Karang Taruna sigap tanggulangi bencana

Sekda Murung Raya, Hermon didampingi Kepala Pelaksana BPBD Murung Raya, Kariadi menyematkan tanda pengenal peserta pelatihan kesiapsiagaan penanggulangan bencana melalui pemuda Karang Taruna tanggap bencana yang dilaksanakan di aula kantor BPBD Murung Raya di Puruk Cahu, Senin (3/10/2022). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan pelatihan terhadap puluhan anggota Karang Taruna untuk mempersiapkan kader yang sigap melakukan penanggulangan bila terjadi bencana. 

"Tujuan pelatihan ini agar pemuda Karang Taruna bisa memiliki keterampilan dalam menanggulangi bencana bila terjadi di wilayahnya dan mengasah kembali kemampuan Tim Reaksi Cepat (TRC) kita," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Murung Raya, Kariadi saat kegiatan pembukaan pelatihan di aula kantor BPBD kabupaten setempat di Puruk Cahu, Senin. 

Pelatihan kesiapsiagaan penanggulangan bencana melalui pemuda Karang Taruna tanggap bencana tersebut dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan diikuti 30 peserta yang berasal dari warga Karang Taruna Kecamatan Tanah Siang Selatan dan petugas BPBD Murung Raya.

Menurut Kariadi, sebenarnya dalam melakukan penanggulangan bencana akan lebih baik dilakukan oleh orang di sekitar. Hal itu agar dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisir karena cepatnya penanganan di lokasi.

Baca juga: Minim peserta perempuan, pendaftaran panwascam empat kecamatan di Murung Raya diperpanjang

"Karena bila tidak ada keahlian dalam menanggulangi bencana dan harus menunggu petugas dari kabupaten bahkan kecamatan, maka akan banyak memakan korban, baik itu dari segi korban jiwa maupun materi," jelas Kariadi.

Sementara itu Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph melalui Sekretaris Daerah, Hermon mengatakan, pelatihan tersebut merupakan salah satu program strategis dalam menanggulangi bencana, misalnya saja pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

"Dari segi bencana kebakaran hutan dan lahan, Kecamatan Tanah Siang Selatan menjadi salah satu penyumbang titik panas atau hot spot terbanyak di Kabupaten Murung Raya, makanya sangat tepat bila yang dilibatkan atau dilatih ini dari pemuda Karang Taruna Kecamatan Tanah Siang Selatan," turur Hermon.

Pembukaan pelatihan tersebut juga dihadiri beberapa pejabat, kepala organisasi serta pihak swasta, diantaranya Kepala Diskominfo SP Murung Raya, Bimo Santoso, Kepala Satpol PP Murung Raya, Iskandar, perwakilan Polres Murung Raya, perwakilan Kodim 1013/Mtw, Camat Murung Fitrianul Fahriman, Ketua Karang Taruna Murung Raya sekaligus Lurah Beriwit, Khalid Ilmi dan manajemen PT Indo Muro Kencana (IMK).

Baca juga: Segera lakukan perekrutan, Bawaslu Mura paparkan syarat jadi panwascam

Baca juga: Turnamen piala Dandim dan Pemuda Pancasila Murung Raya diramaikan 29 tim

Baca juga: Pemkab Mura minta Lasqi berpartisipasi siapkan generasi muda kreatif dan inovatif