Dekranasda Gumas siapkan FTM sebagai ajang salurkan bakat

id Dekranasda Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Dekranasda Gunung Mas, Dekranasda, ketua dekranasda gunung mas, dekranasda gumas gelar fashion sho

Dekranasda Gumas siapkan FTM sebagai ajang salurkan bakat

Ketua Dekranasda Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong. ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas.

Kuala Kurun (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, menegaskan bahwa pemerintah setempat mendukung penuh persiapan menyiapkan Festival Tuah Mahasur (FTM), sebagai ajang bagi masyarakat untuk menyalurkan bakat.

"FTM yang rencananya dilaksanakan 25 sampai 28 Oktober 2022 itu, akan diisi lomba fashion show," Ketua Dekranasda Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong di Kuala Kurun, Rabu.

Lomba fashion show tersebut memiliki tema benang bintik atau batik khas Gunung Mas. Artinya, lomba tidak hanya menjadi wadah untuk menyalurkan bakat, namun sekaligus melestarikan dan mempromosikan budaya. Di mana lomba fashion show dibagi menjadi lima kategori yakni anak usia 4-7 tahun, anak usia 8-12 tahun, remaja usia 13-17 tahun, remaja usia 18-21 tahun, dan dewasa di atas 21 tahun.

Untuk anak usia 4-7 tahun dan anak usia 8-12 tahun mengenakan busana kasual, remaja usia 13-17 tahun mengenakan busana cocktail, remaja usia 18-21 tahun mengenakan busana pesta, dan dewasa mengenakan busana kerja.

Adapun syarat dan ketentuan bagi pendaftar di antaranya melampirkan data diri melalui formulir yang disediakan oleh Dekranasda Gunung Mas. Kemudian wajib membeli produk olahan Dekranasda, khususnya benang bintik, dan digunakan saat lomba.

Lalu wajib mengikuti Instagram Dekranasda Gunung Mas yakni  @dekranasdakabgumas, membuat postingan foto diri, serta mention dan tag akun @dekranasdakabgumas. Untuk komposisi busana 70 persen benang bintik Gunung Mas dan 30 persen bahan kombinasi.

"Pendaftaran dibuka hingga 24 Oktober 2022 mendatang, dengan biaya pendaftaran Rp150 ribu per orang atau per kategori. Pendaftar nantinya mendapat sertifikat, training catwalk, dan free snack," kata Mimie.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas-TNI bersinergi kendalikan inflasi

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar dipersilahkan datang ke kantor Dekranasda Gunung Mas di Kuala Kurun, mulai pukul 9.00-16.00 WIB. Untuk keterangan lebih detail, masyarakat dapat menghubungi 0822 5144 5440.

Lebih lanjut, selain lomba fashion show, FTM juga akan menyajikan dua agenda lainnya yakni expo usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta launching atau peluncuran benang bintik.

"Saya mengajak masyarakat untuk ikut dan memeriahkan FTM. Ada hadiah puluhan juta rupiah yang bisa dimenangkan, dan juga ada doorprize menarik lainnya," demikian Mimie.

Baca juga: Wabup Gumas: Petugas pendataan awal berperan penting sukseskan Regsosek

Baca juga: KPU Gunung Mas tetapkan daftar pemilih berkelanjutan 85.587 jiwa

Baca juga: Pemkab Gumas siapkan subsidi pengembangan cabai rawit