Bupati Gumas ajak masyarakat sukseskan Regsosek demi validasi data

id Bupati Gumas ajak masyarakat sukseskan Regsosek demi validasi data. Kalteng, gumas, Gunung mas

Bupati Gumas ajak masyarakat sukseskan Regsosek demi validasi data

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong saat menjalani pendataan awal Regsosek 2022 di Kuala Kurun, Rabu (19/10/2022) lalu. ANTARA/HO-BPS Gunung Mas

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengajak dan mengimbau seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), yang sedang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

“Pelaksanaan Regsoses sangat penting untuk mendapatkan data yang valid. Jadi saya harap masyarakat di Gunung Mas untuk menyukseskan pelaksanaan Regsoses,” ucapnya di Kuala Kurun, Kamis.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini menyebut, jika data valid maka berbagai program pemerintah, khususnya program yang berkaitan dengan bantuan sosial, maka bantuan tersebut dapat disalurkan dengan tepat sasaran.

Selain itu, tutur dia, Regsosek juga bertujuan untuk menuju satu data, demi memudahkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Oleh sebab itu, dia mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menyukseskan Regsosek.

Jaya mengaku sudah mengikuti pelaksanaan pendataan awal Regsosek. Menurut dia, pelaksanaan pendataan awal Regsosek tidak menyulitkan dan BPS Gunung Mas juga banyak membantu dalam mengikuti pendataan awal.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas targetkan angka kemiskinan turun 3,8 persen

Sebelumnya, Kepala BPS Gunung Mas, Waras menerangkan, sebagai prasyarat utama reformasi Sistem Perlindungan Sosial, BPS diamanatkan mengadakan kegiatan pendataan Regsosek.

Variabel yang dikumpulkan di antaranya data terkait kependudukan dan ketenagakerjaan, perlindungan sosial, perumahan, pendidikan, kesehatan dan disabilitas, serta pemberdayaan ekonomi.

Kelengkapan data Regsosek membuka peluang pemanfaatan yang luas, tidak terbatas hanya program perlindungan sosial. Data Regsosek yang lengkap akan mendukung program pemberdayaan ekonomi dan penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar.

Selain itu juga mendukung program pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, peningkatan inklusi keuangan, dan program lain, dengan tujuan untuk mendorong potensi pembangunan di pusat dan daerah.

“Regsosek akan dilaksanakan hingga pertengahan November 2022 mendatang. Sejauh ini pelaksanaan di Gunung Mas berjalan baik dan semoga ke depan cuaca di daerah kita juga mendukung,” demikian Waras.

Baca juga: Pasar murah upaya bantu masyarakat Gumas terdampak inflasi

Baca juga: Legislator apresiasi siswa SMP di Gumas mampu hasilkan karya lukisan menarik