Bupati Katingan minta kades kelola keuangan desa sesuai aturan

id Pemkab katingan, bupati katingan sakariyas, pengelolaan keuangan desa, bpd desa katingan, Persatuan Perangkat Desa Indonesia, ppdi katingan, kasongan

Bupati Katingan minta kades kelola keuangan desa sesuai aturan

Bupati Katingan, Sakariyas. (ANTARA/Fernando Rajagukguk)

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Sakariyas meminta, para kepala desa (kades) agar mengelola keuangan desa sesuai mekanisme yang telah diatur dalam perundang-undangan dan ketentuan peraturan lainnya yang berlaku.

"Ini demi meminimalisir dan mencegah kesalahan yang berujung terjerat masalah hukum ke depannya," kata Sakariyas di Kasongan, Kamis.

Untuk itu, sambungnya, para kades dituntut menguasai tata cara pengelolaan keuangan desa. Dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pertanggung jawaban, dengan demikian desa menjadi mandiri sehingga terjadi peningkatan status desa menjadi desa berkembang, maju hingga mandiri.

Dia juga meminta, para kades dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) saling bersinergi serta berkolaborasi dalam memajukan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan warga, bukan sebaliknya saling mencari-cari kesalahan.

"Agar terjalin sinergitas yang baik, para kades dan BPD harus memahami dan memperhatikan kedudukan, tugas, fungsi serta kewenangannya masing-masing," ucapnya.

Baca juga: Polres Katingan sosialisasikan larangan membakar hutan dan lahan

Kepada pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Katingan, orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini mengharapkan bisa menjadi mitra pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan. PPDI Katingan diharapkan juga meningkatkan kualitas dan kompetensi perangkat desa secara terus menerus.

Hal tersebut disampaikannya saat melantik dan mengambil sumpah dan janji Penjabat Kades dan Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Kuala serta mengukuhkan pengurus PPDI Katingan di aula Bappelitbang Katingan di Kota Kasongan.

Ikut juga dilantik dan diambil sumpah dan janji BPD Kecamatan Katingan Kuala, Kamipang, Tasik Payawan, Pulau Malan, Tewang Sangalang Garing, Katingan Tengah, Marikit dan Katingan Hulu serta Bukit Raya.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Ketua II DPRD Fahrurrazi, Sekda Pransang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Andrei Nathanael dan perwakilan Dandim 1019 Katingan serta Kapolsek Katingan Hilir AKP Eko Priono.

Baca juga: Polres Katingan dirikan pos pengamanan dan optimalkan patroli di masa Nataru