Polres Katingan dirikan pos pengamanan dan optimalkan patroli di masa Nataru

id Operasi lilin katingan, kasongan, natal dan tahun baru, nataru, katingan, polres katingan, Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo

Polres Katingan dirikan pos pengamanan dan optimalkan patroli di masa Nataru

Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo. (ANTARA/HO-Humas Polres Katingan)

Kasongan (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Katingan, Kalimantan Tengah menggelar Operasi Lilin Telabang 2022 yang melibatkan personel gabungan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023.

"Kami memprediksi acara libur Natal dan Tahun Baru 2023 dinamikanya akan lumayan meningkat,” kata Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo di Kasongan, Jumat.

Dia menjelaskan pihaknya telah mendirikan dua pos pengamanan, yakni pos lantas di depan Mapolres Katingan dan di depan gerbang kantor Bupati Katingan. Pihaknya juga menggelar patroli di tempat-tempat pelaksanaan dan perayaan ibadah Natal serta tempat wisata.

Mengawali kegiatan tersebut telah dilaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Telabang 2022 di halaman Mapolres setempat. Apel juga diikuti personel Kodim 1019/Katingan dan sejumlah perwakilan dari perangkat daerah di antaranya Dinas Perhubungan dan Satpol PP Katingan.

"Amanat Kapolri di antaranya untuk mewaspadai potensi gangguan yang terjadi selama Nataru, seperti pada sisi keamanan mewaspadai kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Katingan siap terapkan layanan transaksi elektronik

Selain itu, sambungnya, jajaran Polri ditekankan tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan COVID-19. Termasuk mewaspadai kejahatan konvensional dengan meningkatkan patroli daerah rawan dan objek vital serta mensosialisasikan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal.

Kapolri juga meminta melakukan deteksi dini terhadap aksi terorisme dengan mengedepankan teknik pencegahan dengan aksi penindakan. Termasuk mengantisipasi bencana alam dengan  mempersiapkan tim tanggap bencana, tim rehabilitasi serta sarana prasarana pendukung.

“Keberhasilan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama," tegasnya.

Untuk itu diperlukan penguatan sinergi dan soliditas dalam melaksanakan operasi guna menjaga situasi tetap aman dan nyaman, sehingga masyarakat dapat menjalankan Natal dengan khidmat dan merayakan tahun baru dengan penuh suka cita.

Baca juga: Pemkab Katingan luncurkan layanan pembayaran pajak dan retribusi berbasis daring