DPRD Kapuas apresiasi PHBK laksanakan pawai lilin sambut Natal 2023

id Ketua DPRD Kapuas, Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Ardiansah, kalteng

DPRD Kapuas apresiasi PHBK laksanakan pawai lilin sambut Natal 2023

Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Ardiansah. ANTARA/All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Ardiansah mengapresiasi langkah Panitia Hari Besar Kristiani (PHBK) setempat, yang menyelenggarakan pawai lilin dalam rangka menyambut perayaan Natal tahun 2023.

"Saya bersama anggota DPRD Kapuas tentunya mengapresiasi kegiatan pawai lilin yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah melalui PHBK ini," kata Ardiansah di Kuala Kapuas, Jumat (1/12).

Menurut politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini, kegiatan pawai lilin tersebut sangat meriah dan diikuti ribuan peserta khususnya umat kristiani yang ada di daerah setempat.

"Saya harapkan dengan dilaksanakannya pawai lilin ini kerukunan umat beragama di daerah ini tetap terjaga," katanya.

Kemudian, sambung wakil rakyat yang terpilih di Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas III meliputi Kecamatan Timpah, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Mandau Talawang dan pasak talawang ini juga mengharapkan masyarakat kabupaten setempat untuk tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang dapat merusak kerukunan umat beragama.

"Jangan mudah terpengaruh dengan isu-isu di luar. Rasa toleransi yang sudah terbangun harus kita jaga dengan sebaik mungkin," demikian Ardiansah.

Sebelumnya, kegiatan pawai lilin sebagai tanda dimulainya masa perayaan natal 2023 dipusatkan di kawasan Stadion Olahraga Panunjung Tarung Jalan Maluku Kuala Kapuas.

Kegiatan tersebut dilepas secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi dan dihadiri Ketua DPRD Kapuas Ardiansah bersama Wakil Ketua DPRD Yohanes dan Evan Rahman Saputra. Di mana tema Natal Nasional tahun ini adalah 'Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi' (lukas 2 : 14).

Baca juga: Masyarakat antusias sambut Pawai Lilin di Kapuas

Jumlah peserta yang mengikuti Pawai Lilin sekitar 2.500 orang, terdiri atas beberapa kategori, yakni dari gereja, instansi pemerintah, sekolah dan lainnya. Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah hadiah menarik bagi para peserta yang beruntung.

Adapun Pawai Lilin dimulai dari Jalan Maluku area Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, dengan rute yang dilintasi meliputi Jalan Patih Rumbih, Tambun Bungai, Kenanga dan Melati, kemudian berlanjut ke Jalan Teratai dan Jalan A Yani, Tambun Bungai hingga kembali atau finis di Jalan Maluku.

Baca juga: Pemerintah telusuri memori sejarah Kabupaten Kapuas

Baca juga: Pemkab Kapuas dorong Desa Pulau Kaladan manfaatkan lahan sebagai penghasilan

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas ajak anggota Kopri tingkatkan kinerja