Masyarakat antusias sambut Pawai Lilin di Kapuas

id pemkab kapuas, penjabat bupati erlin hardi, pawai lilin, natal kapuas, kuala kapuas, kapuas

Masyarakat antusias sambut Pawai Lilin di Kapuas

Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas peserta pawai lilin di Jalan Maluku area Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Kamis (30/11/2023) sore. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Ribuan umat Kristiani di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, antusias mengikuti Pawai Lilin dalam rangka menyambut Natal 25 Desember 2023.
 
"Kami mengucapkan selamat kepada saudara dan saudari kita yang Kristiani menyambut masa raya Natal 2023. Dengan datangnya Natal ini harapannya dapat membawa kedamaian umat manusia," kata Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi saat melepas pawai di Kuala Kapuas, Kamis.
 
Ketua Panitia Hari Besar Kristen (PHBK) Kapuas, Septedy mengatakan telah dilakukan pelepasan Pawai Lilin sebagai pertanda dimulainya masa raya Natal.
 
Adapun tahun ini tema Natal Nasional adalah 'Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi' (lukas 2 : 14).
 
"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kapuas yang membuka ruang kepada umat Kristiani untuk melakukan Pawai Lilin ini. Tentu ini menjadi kebahagiaan bagi kami, khususnya umat Kristiani," terang Septedy.

Baca juga: Pemerintah telusuri memori sejarah Kabupaten Kapuas
 
Jumlah peserta yang mengikuti Pawai Lilin sekitar 2.500 orang, terdiri atas beberapa kategori, yakni dari gereja, instansi pemerintah, sekolah dan lainnya. Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah hadiah menarik bagi para peserta yang beruntung.
 
Adapun Pawai Lilin dimulai dari Jalan Maluku area Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, dengan rute yang dilintasi meliputi Jalan Patih Rumbih, Tambun Bungai, Kenanga dan Melati, kemudian berlanjut ke Jalan Teratai dan Jalan A Yani, Tambun Bungai hingga kembali atau finis di Jalan Maluku.
 
Tampak peserta Pawai Lilin menggunakan pernak-pernik khas Natal dan menghiasi kendaraan. Para peserta tampak bersemangat mengikuti pawai yang juga diiringi dengan puji-pujian lagu rohani.

Baca juga: Tujuh Fraksi DPRD Kapuas setujui RAPBD 2024 menjadi Perda

Baca juga: Pemkab Kapuas dorong Desa Pulau Kaladan manfaatkan lahan sebagai penghasilan

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas ajak anggota Kopri tingkatkan kinerja