Kapolda minta Satpam di Kalteng semakin profesional dalam menjalankan tugas

id Polda Kalteng,Palangka Raya,Kalteng,HUT Satpam ke-42 ,Kabid Humas Podla Kalteng K Eko Saputro , Direktur Binmas Polda Kalteng Kombes Pol Ebet Gunandar

Kapolda minta Satpam di Kalteng semakin profesional dalam menjalankan tugas

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto menyerahkan nasi tumpeng kepada anggota Satpam termuda yang dinas di sebuah perusahaan yang ada di provinsi setempat pada HUT Satpam ke-42 yang digelar di Halaman Barigas, Mapolda setempat, Senin (30/1/2023). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto meminta kepada Satuan Pengamanan (Satpam) yang bertugas di wilayah hukum Polda setempat, agar semakin profesional dalam menjalankan tugasnya, terutama di lingkup kerjanya sendiri.

"Semoga Satpam dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas dan semakin optimal, dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa," katanya saat memimpin langsung upacara hari ulang tahun Satpam ke-42 yang dilaksanakan di Halaman Barigas, Mapolda setempat, Senin.

Jenderal berpangkat bintang dua itu menuturkan, bahwa satpam sebagai mitra Polri harus dapat menunjukkan rasa empatinya, kepada masyarakat yang sedang tertimpa musibah.

Upacara yang mengangkat tema 'Sinergitas Satpam dan Polri Peduli untuk Sesama' tersebut juga dihadiri Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, pejabat utama Polda Kalteng dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng serta diikuti seluruh satpam di wilayah provinsi setempat.

"Hal ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang Presisi, dimana peningkatan peran pengamanan swakarsa melalui peran aktif di lingkungan atau wilayah untuk membantu sesama guna terwujudnya kamtibmas yang kondusif," ucap Kapolda.

Sementara itu, Direktur Binmas Polda Kalteng Kombes Pol Ebet Gunandar menuturkan, dengan kondusifitasnya setiap wilayah di provinsi setempat tentunya dapat mengundang para investor dari luar untuk menanamkan sahamnya di daerah setempat.

Baca juga: Kapolda Kalteng pimpin sertijab tiga kapolres

"Satpam yang tersebar di seluruh Kalteng berjumlah kurang lebih 11 ribu. Tugas mereka selama ini sangatlah membantu tugas kepolisian dalam menjaga kamtibmas di wilayah tugasnya masing-masing," ucap Ebet.

Di lokasi yang sama pula Kabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro menambahkan pada kesempatan tersebut, Kapolda Kalteng juga melakukan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas bertambahnya usia satpam.

"Potongan tumpeng tersebut kemudian diberikan kepada personel satpam yang berusia paling tua yakni bapak Sumanto dan termuda ibu Puput Safitri," demikian Eko Saputro.

Baca juga: Polisi tembak pengedar narkoba di Sampit hingga tewas

Baca juga: Kombes YBK ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba

Baca juga: Polda Kalteng petakan kerawanan kamtibmas jelang Pemilu 2024