Pemprov Kalteng dorong optimalisasi sektor budpar tingkatkan PAD

id Pemprov kalteng, pemkab sukamara, rakor budpar, kebudayaan dan pariwisata, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng dorong optimalisasi sektor budpar tingkatkan PAD

Rakerda Budaya dan Pariwisata 2023 se-Kalteng di Sukamara, Kamis (23/2/2023). (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan, sektor kebudayaan dan pariwisata memiliki peranan yang cukup penting dalam menunjang pembangunan daerah maupun meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat.

“Sektor ini harus terus diperkuat dan dikembangkan, karena merupakan salah satu pintu masuk bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," kata Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran sebagaimana disampaikan Assisten II Setda Leonard S Ampung di Sukamara, Kamis.

Dia mengatakan, Kalimantan Tengah memiliki potensi pariwisata yang cukup besar dan sangat menjanjikan dengan berbagai kebudayaan asli yang unik dan khas, sehingga dapat menjadikan Kalimantan Tengah sebagai tujuan wisata dan budaya yang layak ditawarkan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Hal itu dia sampaikan dalam pelaksanaan Rapat Kerja Daerah Kebudayaan dan Pariwisata 2023 se-Kalteng. Menurutnya, menjadi harapan bersama, agar kegiatan ini memberikan energi positif dan pemacu semangat untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, terutama yang berkaitan dengan pembangunan dan pengembangan kebudayaan dan pariwisata.

Lebih lanjut dia menyampaikan, untuk mewujudkan hal tersebut, maka pengelolaan yang baik dan profesional menjadi hal yang mutlak untuk dilaksanakan. Guna merumuskan sistem dan mekanisme yang baik, diperlukan suatu forum diskusi yang diikuti berbagai pemangku kepentingan seperti halnya rakerda budpar yang laksanakan hari ini.

“Momentum ini, memiliki kedudukan yang cukup strategis, terutama dalam rangka melakukan analisa dan evaluasi secara komprehensif, terhadap seluruh aspek pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan kebudayaan dan pengembangan pariwisata di Kalimantan Tengah,” jelasnya.

Baca juga: Bupati Sukamara ingin pengembangan sektor pariwisata semakin optimal

Kemudian, rakerda ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan ide dan gagasan kreatif untuk bertukar informasi mengenai pembangunan kebudayaan dan perkembangan pariwisata di wilayah kerja masing-masing.

“Hal lain yang tidak kalah penting adalah forum ini juga dapat kita manfaatkan sebagai sarana untuk merumuskan langkah-langkah strategis, rencana kegiatan di tahun mendatang, serta merumuskan solusi bagi permasalahan yang dihadapi,” jelasnya.

Dengan demikian, tentunya dapat diketahui sejauh mana kemajuan pembangunan kebudayaan dan perkembangan pariwisata serta implementasi penerapan program yang telah dilaksanakan selama ini.

Baca juga: Dukung seniman terus berkarya, Pemkab Sukamara bangun sanggar seni budaya