Wabup Seruyan ajak masyarakat mencintai produk lokal

id Wabup Seruyan ajak masyarakat mencintai produk lokal, kalteng, seruyan, iswanti

Wabup Seruyan ajak masyarakat mencintai produk lokal

Bupati Seruyan Yulhaidir bersama Ketua TP-PPK Seruyan FAUZIAH YULHAIDIR dan Wakil Bupati Seruyan saat mengenalkan produk lokal Seruyan di Yogyakarta (15/2/2023). ANTARA/HO-Prokom Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah  Iswanti mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah setempat, agar dapat mencintai produk-produk lokal khas daerah, sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan dapat meningkatkan perekonomian pelaku usaha.

“Kita harus mencintai produk lokal yang kita miliki, hal tersebut dilakukan selain untuk memudahkan promosi produk tentunya juga dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Iswanti di Kuala Pembuang, Jumat.

Dia mengatakan, jika ditelusuri secara saksama, produk-produk lokal yang ada di Seruyan sejatinya tidak kalah berkualitasnya dibandingkan dengan produk-produk yang ada di daerah lain. Hal itu lantaran memang mulai dari bahannya yang unik dan juga kreasi olahannya juga sangat menarik.

"Banyak produk-produk lokal hasil produksi atau kerajinan tangan masyarakat kita itu yang kualitasnya juga tidak kalah dengan apa yang ada di pasaran luar, cuman mungkin dari segi eksistensi saja yang belum terpublikasi," ungkapnya.

Baca juga: Bupati Seruyan harapkan masyarakat manfaatkan program beasiswa

Produk-produk tersebut meliputi berbagai hal, mulai dari kerajinan tangan berupa aksesoris, oleh-oleh, jajanan lokal dan lain sebagainya. Produknya tersebar di setiap desa ataupun kecamatan setempat.

Sejalan dengan hal tersebut, Iswanti juga mengimbau kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan kekayaan alam yang ada di Bumi Gawi Hantantiring ini, untuk berkarya dan berinovasi dalam menciptakan produk ataupun sumber pendapatan dalam peningkatan perekonomian.

"Baik itu untuk makanan, misalnya saja kita sangat terkenal dengan hasil perikanannya, manfaatkan itu secara baik dan benar. Lalu ada sektor pertanian, perkebunan dan lain sebagainya. Semua potensi tersebut harus kita manfaatkan secara optimal," harapnya.

Dia menambahkan, hal yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan promosi kepada konsumen baik itu dari dalam maupun luar daerah. Produk yang dimiliki sangat besar potensinya, hanya saja yang perlu juga dimaksimalkan promosinya agar bisa diketahui banyak orang.

Baca juga: DPMD Seruyan serahkan sertifikat lahan ke warga Kecamatan Batu Ampar

Baca juga: Pemkab Seruyan - PN Sampit sediakan layanan sidang luar pengadilan permudah masyarakat

Baca juga: Warga pesisir selatan Kalteng diminta waspadai gelombang laut 2,5 meter